Kita dapat mencegah penularan Hepatitis C. Cara penyebaran yang paling efesien Hepatitis C adalah melalui suntikan yang terkontaminasi oleh darah, misalnya di saat memakai obat suntik. Jarum suntik dan alat suntik sebelum digunakan harus steril dengan demikian menghentikan penyebaran penyakit Hepatitis C di antara pengguna obat suntik.

Meskipun resiko penularan melalui hubungan seksual kecil, anda seharusnya menjalankan kehidupan seks yang aman. Penderita Hepatitis C yang memiliki lebih dari satu pasangan atau berhubungan dengan orang banyak harus memproteksi diri (misalnya dengan kondom) untuk mencegah penyebaran Hepatitis C.

Jangan pernah berbagi alat seperti jarum, alat cukur, sikat gigi, dan gunting kuku, dimana dapat menjadi tempat potensial penyebaran virus Hepatitis C. Bila melakukan manicure, tato dan tindik tubuh pastikan alat yang dipakai steril dan tempat usahanya resmi.

Orang yang terpapar darah dalam pekerjaannya, seperti pekerja kesehatan, teknisi laboratorium, dokter gigi, dokter bedah, perawat, pekerja ruang emergensi, polisi, pemadam kebakaran, paramedis, tentara atau siapapun yang hidup dengan orang yang terinfeksi, seharusnya sangat berhati-hati agar tidak terpapar darah yang terkontaminasi.

Juga termasuk menggunakan peralatan tajam dan jarum dengan benar, mencuci tangan secara teratur dan menggunakan sarung tangan dalam pekerjaannya. Jika anda pernah mengalami luka karena jarum suntik, anda harus melakukan tes ELISA atau RNA HCV setelah 4-6 bulan terjadinya luka untuk memastikan tidak terinfeksi penyakit Hepatitis C.

Pernah sembuh dari salah satu penyakit Hepatitis tidak mencegah penularan penyakit Hepatitis lainnya. Orang yang menderita penyakit Hepatitis C dan juga menderita penyakit Hepatitis A memilki resiko tinggi terkena penyakit hepatits fulminant, suatu penyakit hati yang mematikan dan perkembangannya sangat cepat.

Dengan demikian, ahli kesehatan sangat merekomendasikan penderita penyakit Hepatitis C juga melakukan vaksinasi Hepatitis A dan Hepatitis B.

Situs terkait :
pegintron.com, medicastore.com, allabouthepatitisc.com
Selengkapnya...

Karena Hepatitis C menular dari orang ke orang melalui kontak dengan darah yang terinfeksi virus Hepatitis C, aktivitas yang meningkatkan kontak dengan darah tersebut perlu dipertimbangkan sebagai faktor resiko.

Faktor resiko yang paling umum adalah pengguna obat bius suntik dan darah serta produk transfusi darah sebelum tahun 1992, Faktor resiko lain seperti tato dan tindik tubuh. Tinta atau jarum tato yang digunakan untuk membuat tato atau menindik dapat menjadi pembawa virus Hepatitis C dari satu pelanggan ke pelanggan lainnya, jika pelaku tidak melakukan sterilasasi pada perlengkapannya.

Faktor resiko lainnya adalah luka tertusuk jarum, terutama pada pekerja kesehatan, hemodialisis dan transplantasi organ sebelum tahun 1992.

Luka karena jarum suntik, yang seringkali terjadi pada petugas kesehatan, dapat menjadi alat penularan virus Hepatitis C. Probabilitas penularan virus Hepatitis C melalui jarum suntik lebih besar dibanding dengan virus HIV. Sekarang ini, pada penderita HIV ada protokol standar dalam penanganan jarum suntik untuk mengurangi resiko tertular HIV atau AIDS. Sayangnya, tidak ada protokol yang sama untuk penanganan pada penderita Hepatitis C untuk menghindari penularan melalui jarum suntik.

Pengguna Obat Bius Suntik
Dua pertiga pengguna obat bius suntik mengidap Hepatitis C. Orang yang menggunakan obat bius suntik, walaupun sekali, memiliki resiko tinggi tertular Hepatitis C. Sekarang ini, resiko terinfeksi virus Hepatitis C melalui obat bius suntik lebih tinggi dibandingkan terinfeksi HIV sekitar 60% hingga 80% yang terinfeksi Hepatitis C sedangkan yang terinfeksi HIV sekitar 30%.

Virus Hepatitis C mudah sekali menyebar melalui berbagi jarum, jarum suntik dan perlengkapan lain pengguna obat bius suntik.

Hubungan Seksual
Meskipun Hepatitis tidak mudah menular melalui hubungan seksual, prilaku seksual yang beresiko, terutama yang memilki pasangan seksual lebih dari satu, menjadi pemicu meningkatnya resiko terinfeksi virus Hepatitis C.

- Sekitar 15 % infeksi Hepatitis C ditularkan melalui hubungan seksual. Penularan melalui hubungan seksual pada Hepatitis C tidak setinggi pada Hepatitis B. Walaupun demikian, prilaku seks yang beresiko tinggi berhubungan dengan peningkatan resiko tertular Hepatitis C. Faktor resiko dari penularan Hepatitis C melalui hubungan seksual meliputi Memiliki lebih dari satu pasangan

- Pengguna jasa PSK
- Luka karena seks (kurangnya pelicin pada vagina dapat meningkatkan resiko penularan melalui darah)
- Melakukan hubungan seksual sewaktu menstruasi.

Pada pasangan yang menikah, resiko penularan meningkat sejalan dengan lamanya perkawinan. Hal ini berkaitan dengan hubungan seksual dan berbagi perlengkapan (seperti sikat gigi, silet cukur, gunting kuku dan sebagainya).

Jika anda memiliki hubungan seksual dengan orang yang memiliki faktor resiko terinfeksi Hepatitis C, anda sebaiknya menjalankan tes untuk Hepatitis C juga.

Situs terkait :
pegintron.com, medicastore.com, allabouthepatitisc.com
Selengkapnya...

Penyakit Hepatitis C adalah penyakit hati yang disebabkan oleh virus Hepatitis C (HCV= Hepatitis C virus). Virus Hepatitis C masuk ke sel hati, menggunakan mesin genetik dalam sel untuk menduplikasi virus Hepatitis C, kemudian menginfeksi banyak sel lainnya.

15% dari kasus infeksi Hepatitis C adalah akut, artinya secara otomatis tubuh membersihkannya dan tidak ada konsekwensinya. Sayangnya 85% dari kasus, infeksi Hepatitis C menjadi kronis dan secara perlahan merusak hati bertahun-tahun. Dalam waktu tersebut, hati bisa rusak menjadi sirosis (pengerasan hati), stadium akhir penyakit hati dan kanker hati.

Penyebab Hepatitis C
Hepatitis berarti pembengkakan pada hati.Banyak macam dari virus Hepatitis C. Dalam banyak kasus, virus yang masuk ke dalam tubuh, mulai hidup di dalam sel hati, mengganggu aktivitas normal dari sel tersebut, lalu menggunakan mesin genetik dalam sel untuk menduplikasi virus Hepatitis C kemudian menginfeksi sel lain yang sehat.

Jika anda penderita Hepatitis C, sangat penting untuk mengkonsumsi makanan sehat dan menghindari alkohol. Alkohol akan memperparah kerusakan hati anda, baik anda dalam pengobatan ataupun tidak.

Salah satu gejala umum dari Hepatitis C adalah kelelahan kronis. Kelelahan juga bisa sebagai efek samping pengobatan Hepatitis C. Rasa lelah akibat Hepatitis C dapat diatasi dengan istirahat cukup dan menjalankan olah raga yang rutin.

Virus Hepatitis C sangat pandai merubah dirinya dengan cepat. Sekarang ini ada sekurang-kurangnya enam tipe utama dari virus Hepatitis C (yang sering disebut genotipe) dan lebih dari 50 subtipenya.

Hal ini merupakan alasan mengapa tubuh tidak dapat melawan virus dengan efektif dan penelitian belum dapat membuat vaksin melawan virus Hepatitis C. Genotipe tidak menentukan seberapa parah dan seberapa cepat perkembangan penyakit Hepatitis C, akan tetapi genotipe tertentu mungkin tidak merespon sebaik yang lain dalam pengobatan.

Gejala Hepatitis C
Sering kali orang yang menderita Hepatitis C tidak menunjukkan gejala, walaupun infeksi telah terjadi bertahun-tahun lamanya.

Jika gejala-gejala di bawah ini ada yang mungkin samar :
1. Lelah
2. Hilang selera makan
3. Sakit perut
4. Urin menjadi gelap
5. Kulit atau mata menjadi kuning (disebut "jaundice") jarang terjadi

Dalam beberapa kasus,Hepatitis C dapat menyebabkan peningkatan enzim tertentu pada hati, yang dapat dideteksi pada tes darah rutin. Walaupun demikian, beberapa penderita Hepatitis C kronis mengalami kadar enzim hati fluktuasi ataupun normal.

Meskipun demikian, sangat perlu untuk melakukan tes jika anda pikir anda memiliki resiko terjangkit Hepatitis C atau jika anda pernah berhubungan dengan orang atau benda yang terkontaminasi. Satu-satunya jalan untuk mengidentifikasi penyakit ini adalah dengan tes darah.

Penularan Hepatitis C
Penularan Hepatitis C biasanya melalui kontak langsung dengan darah atau produknya dan jarum atau alat tajam lainnya yang terkontaminasi. Dalam kegiatan sehari-hari banyak resiko terinfeksi Hepatitis C seperti berdarah karena terpotong atau mimisan, atau darah menstruasi. Perlengkapan pribadi yang terkena kontak oleh penderita dapat menularkan virus Hepatitis C (seperti sikat gigi, alat cukur atau alat manicure). Resiko terinfeksi Hepatitis C melalui hubungan seksual lebih tinggi pada orang yang mempunyai lebih dari satu pasangan.

Penularan Hepatitis C jarang terjadi dari ibu yang terinfeksi Hepatitis C ke bayi yang baru lahir atau anggota keluarga lainnya. Walaupun demikian, jika sang ibu juga penderita HIV positif, resiko menularkan Hepatitis C sangat lebih memungkinkan. Menyusui tidak menularkan Hepatitis C.

Jika anda penderita Hepatitis C, anda tidak dapat menularkan Hepatitis C ke orang lain melalui pelukan, jabat tangan, bersin, batuk, berbagi alat makan dan minum, kontak biasa, atau kontak lainnya yang tidak terpapar oleh darah. Seorang yang terinfeksi Hepatitis C dapat menularkan ke orang lain 2 minggu setelah terinfeksi pada dirinya.

Situs terkait :pegintron.com, medicastore.com, allabouthepatitisc.com
Selengkapnya...

----------------------------------------------------------

Duri putri malu..
sakit kepala, baik migrain maupun sakit kepala umumnya (kecuali yang
sengaja ) dapat dikurangi bahkan diobati dengan media duri tanaman
putri malu.
caranya :
ambil duri putri malu, lalu tusukan pelan pada ujung jari tengah
sebelah kiri, atau tusukan pada tengkuk..

seperti fungsi jarum akupuntur tapi gak perlu nancep
----------------------------------------------------------

Akar Ilalang

Obat Kencing Manis

Ambil akar ilalang secukupnya, lalu rebus dengan air bersih dengan
perbandingan 3 : 1 (3 gelas jadi 1 gelas), lalu gunakan sebagai
pengganti air minum sehari, Insya Allah dalam 1-2 minggu akan ada
perubahan signifikan

----------------------------------------------------------

air... (resep dr india)

bangun pagi jgn langsung kencing... kalo bs minum sebanyak2nya air
putih (minimal 2 gelas gede). biarkan kira2 30 menitan.. baru
kencing.

untuk sirkulasi aja.. bagus efeknya.

----------------------------------------------------------

kurma nabi (azwah)

makan 3 atau 5 setiap hari. insyaAllah sehat...

----------------------------------------------------------

Asam lambung :

ambil 10 biji pinang muda, lalu rebus dengan air bersih, dipakai
untuk minum 3 hari (setiap kali minum dipanaskan terlebih dahulu),
ulangi sampai 2 minggu.

reaksi obat, Perut akan terasa mules dan mencret (lemes..), tapi akan
hilang jika kita minum air putih.

----------------------------------------------------------

Bagi yang ketergantungan Narkoba :

- Air Kelapa Hijau
- Garam dapur secukupnya
- Miyak Mawar / melati 3 tetes.

Capurkan kesemuanya dan minumkan

----------------------------------------------------------

Bagi Laki-laki yang kalah sebelum berperang :

Resep ke-1 :
- 30 biji cabe jawa
- 1 cangkir mrica
- 10 siung bawang lanang
- Gula aren
- Air secukupnya / 2 gelas besar

Kesemua bahan direbus sampai air tinggal 1 gelas, minum pagi dan
malam.

Resep ke-2 :
- 5 ekor cacing kalung
- Adas Pulosari
- Gula batu
- Air secukupnya.

Caranya :
Cacing disangrai kemudian dijadikan bubuk setelah itu campurkan
dengan bahan² yang lain setelah itu minum. Lakukan ini 1 minggu
sekali.

selamat mencoba

----------------------------------------------------------

Tiap 6 bulan sekali minum jus labu siem.. itu untuk menguatkan
pankreas.

Minum 1 sendok teh olive oil tiap hari untuk menghaluskan kulit..

----------------------------------------------------------

obat kencing manis
bahan :3kunyit,1/2 sendok garam
kedua bahan tersebut direbus air secukupnya,disaring dan diminum
diminum seminggu 2kali setengah gelas 1/2 gelas

batuk malam hari
ambil 1sendok kecap dicampur jeruk nipis dan diminum

Jerawat
timun di iris ditempelkan pada muka yg berjerawat
lakukan sebelum menjelang tidur

therapy air putih untuk membersihkan racun di tubuh
minum air putih 1 1/2 liter tiap pagi sehabis bangun pagi
dan jangan makan dulu selama 1 jam sehabis threapy air
bisa di minum pelan2 selama 1 jam yg penting jumlahnya 1 1/2liter

----------------------------------------------------------

Disarikan dari berbagai sumber

Selengkapnya...

Anda atau keluarga anda pernah kutilan(istilah jawa) atau daging tumbuh di badan tetapi tidak mengalami perkembangan yang pesat dan tidak sakit serta susah hilangnya. Berikut ini ada tips sederhana mengatasi kutil di tubuh anda, tips ini berdasarkan pengalaman dari turun temurun nenek moyang bukan dari hasil research tetapi sudah terbukti hasilnya.

Bahan baku : buah pepaya mentah (kates istilah jawa)

Caranya :
1. Pilih kates yang masih mentah.
2. Terus dibakar sampai keliatan agak matang (keluar titik-titik air getah)
3. Setelah itu tempelkan ke bagian kutil yang ada dalam keadaan agak-agak panas. Sampai kates sudah tidak terasa panas lagi.
4. Lakukan itu tiap hari atau dua hari sekali.
5. Secara rutin selama 2 minggu. Insya Allah akan sembuh dan hilang. Copot sendiri.

Mungkin awalnya akan terasa agak gatal. Tapi tidak apa-apa karena itu reaksi awal Dijamin murah dan tidak berbahaya.


Selamat mencoba.
Selengkapnya...

Terkadang kita sebagai manusia lalai terhadap kesehatan tubuh kita, sehingga tidak bisa menghindarkan diri dari makanan yang tidak higienis atau bersih dari segala macam bibit kuman dan penyakit. Apabila kita makanan yang tidak higienis maka kita bisa terserang penyakit pencernaan yang salah satu akibatnya adalah diare atau mencret-mencret. Selain itu diare dapat disebabkan oleh keracunan bahan kimia dalam makanan, masuk angin, dehidrasi (kekurangan cairan tubuh) dan lain sebagainya.

Diare adalah suatu kondisi di mana seseorang buang air besar berkali-kali dalam satu hari yang melebihi batas normal dan tinja atau feses yang keluar berupa cairan encer atau kental disertai angin / kentut dari dalam perut. Berikut di bawah ini adalah 4 (empat) teknik atau cara untuk menanggulangi diare atau mencret-mencret.

1. Minum Air Putih yang Banyak
Sering-seringlah minum air putih yang banyak karena dengan sering buang air besar maka tubuh akan kehilangan banyak cairan yang harus selalu digantikan dengan cairan yang baru. Setiap setelah BAB minumlah satu atau dua gelas air putih atau air mineral yang bersih dan sudah dimasak.

Minumlah oralit yang merupakan larutan gula garam untuk membantu pembentukan energi dan menahan diare / berak setelah habis BAB. Hindari minum kopi, teh dan lain sebagainya yang mampu merangsang asam lambung.

2. Makan Makanan Khusus
Hindari makan makanan yang berserat seperti agar-agar, sayur dan buah karena makanan berserat hanya akan memperpanjang masa diare. Makanan berserat hanya baik untuk penderita susah buang air besar. Bagi penderita diare sebaiknya makan makanan rendah serat dah halus seperti bubur nasi atau nasi lemes dengan lauk telur asin. Di sini nasi akan menjadi gula untuk memberikan energi, sedangkan telur asin akan memberikan protein dan garam untuk menahan mencret dan sebagai zat pembangun tubuh. Hindari makan makanan di luar sembarangan serta makanan yang pedas mengandung cabai dan lada.

3. Istirahat yang Cukup
Tidak dapat dipungkiri bahwa orang yang buang-buang air akan terasa lemah, lemas, lesu, kurang bergairah, dan sebagainya. Untuk itu bagi anda yang sudah merasa sangat lemas sebaiknya meminta izin sekolah atau kantor untuk menghindari dari kemungkinan yang terburuk atau memalukan di tempat umum. Tidur sebanyak-banyaknya namun tidak melupakan waktu makan makanan dan obat harus teratur, banyak minum, beribadah dan berdoa dan lain-lain.

4. Minum Obat Dengan Dosis yang Tepat
Ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter dan meminta obat yang tepat untuk anda, karena setiap orang memiliki karakteristik masing-masing dalam pemilihan obat. Rumah sakit, dokter praktek, puskesmas atau balai pengobatan lain yang sesuai izin depkes adalah pilihan yang tepat karena memiliki dokter yang baik dengan obat-obatan yang baik pula. Bila anda ragu datangi saja dokter lain untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Setalah mendapatkan obat minumlah obat itu sesuai dosis yang waktu yang telah ditentukan. Biasanya dokter akan memberikan obat mules, obat mencret, vitamin dan antibiotik. Untuk obat mules dan mencret sebaiknya diminum jika perut mulas dan diare saja dan hentikan jika sudah berhenti mules dan diare. Sedangkan untuk antibiotik wajib dihabiskan agar kuman dan bibit penyakit lainnya mati total dan tidak membentuk resistensi. Untuk vitamin terserah anda mau dihabiskan atau tidak, akan tetapi tidak ada salahnya jika dihabiskan karena vitamin baik untuk anda asalkan tidak berlebihan.
Selengkapnya...

Sakit pinggang terjadi bila batu yang mengadakan obstruksi berada di dalam ginjal. Sedangkan, rasa sakit yang parah pada bagian perut terjadi bila batu telah pindah ke bagian ureter. Mual dan muntah selalu mengikuti rasa sakit yang berat. Penderita batu ginjal kadang-kadang juga mengalami panas, kedinginan,adanya darah di dalam urin bila batu melukai ureter, distensi perut, nanah dalam urine.

DALAM istilah kedokteran, batu ginjal disebut Nephrolithiasis atau renal calculi. Batu ginjal adalah suatu keadaan terdapat satu atau lebih batu di dalam pelvis atau calyces dari ginjal atau di dalam saluran ureter. Pembentukan batu ginjal dapat terjadi di bagian mana saja dari saluran kencing, tetapi biasanya terbentuk pada dua bagian terbanyak pada ginjal, yaitu di pasu ginjal (renal pelvis) dan calix renalis. Batu dapat terbentuk dari kalsium, fosfat, atau kombinasi asam urat yang biasanya larut di dalam urine.

Batu ginjal bervariasi ukurannya, dapat bersifat tunggal atau ganda. Batu-batu tinggal dalam pasu ginjal atau dapat masuk ke dalam ureter dan dapat merusak jaringan ginjal. Batu yang besar akan merusak jaringan dengan tekanan atau mengakibatkan obstruksi, sehingga terjadi aliran kembali cairan. Kebanyakan batu ginjal dapat terjadi berulang-ulang.

Apakah penyebabnya? Batu ginjal dijumpai pada 1 dari 1.000 orang, biasanya lebih banyak dijumpai pada pria (berumur 30-50 tahun) ketimbang wanita. Juga banyak dijumpai di daerah tertentu. Walaupun secara pasti tidak diketahui penyebab batu ginjal, kemungkinannya adalah bila urine menjadi terlalu pekat dan zat-zat yang ada di dalam urine membentuk kristal batu. Penyebab lain adalah infeksi, adanya obstruksi, kelebihan sekresi hormon paratiroid, asidosis pada tubulus ginjal, peningkatan kadar asam urat (biasanya bersamaan dengan radang persendian), kerusakan metabolisme dari beberapa jenis bahan di dalam tubuh, terlalu banyak mempergunakan vitamin D atau terlalu banyak memakan kalsium.

Gejala
Walaupun besar dan lokasi batu bervariasi, rasa sakit disebabkan oleh obsruksi merupakan gejala utama. Batu yang besar dengan permukaan kasar yang masuk ke dalam ureter akan menambah frekuensi dan memaksa kontraksi ureter secara otomatis. Rasa sakit dimulai dari pinggang bawah menuju ke pinggul, kemudian ke alat kelamin luar. Intensitas rasa sakit berfluktuasi dan rasa sakit yang luar biasa merupakan puncak dari kesakitan. Apabila batu berada di pasu ginjal dan di calix, rasa sakit menetap dan kurang intensitasnya. Sakit pinggang terjadi bila batu yang mengadakan obstruksi berada di dalam ginjal. Sedangkan, rasa sakit yang parah pada bagian perut terjadi bila batu telah pindah ke bagian ureter. Mual dan muntah selalu mengikuti rasa sakit yang berat. Penderita batu ginjal kadang-kadang juga mengalami panas, kedinginan, adanya darah di dalam urin bila batu melukai ureter, distensi perut, nanah dalam urine.

Bagaimanakah diagnosisnya? Dokter akan menanyakan gejala yang dialami, kemudian melakukan tes sebagai berikut:

1.Foto sinar X dari ginjal, ureter, dan kandung kemih untuk menunjukkan adanya batu ginjal.
2.Ultrasound ginjal, merupakan tes noninvasif yang mempergunakan gelombang frekuensi tinggi akan mendeteksi obstruksi dan perubahannya.
3.Pemberian intravena zat pewarna dan scan memberi konfirmasi diagnosis dan menentukan ukuran dan lokasi batu ginjal.
4.Analisis batu untuk mengetahui kandungan mineralnya.
5.Analisis kultur urine untuk menunjukkan jenis bakteri penyebab infeksi, dan lain-lain.

Mencegah dan mengobati
Bagaimanakah pengobatannya? Karena 90% dari batu ginjal berdiameter kurang dari 5 mm, biasanya cukup diberi air rebusan dari tumbuhan Desmodium stryracifulium dan diberi minum 6 - 8 gelas air per hari, diberi antibiotika untuk mencegah infeksi, serta obat pengurang rasa sakit. Pada umumnya batu akan keluar dalam waktu 5 - 10 hari.

Apabila batu terlalu besar untuk dikeluarkan secara alamiah, operasi dapat dikerjakan. Apabila batu berada di ureter, sistoskopi dapat digunakan melalui uretra dan batu dimanipulasi dengan kateter. Pengeluaran batu dari daerah lainnya (pada calix dan pelvis) memerlukan operasi dari samping atau perut bagian bawah. Prosedur yang disebut percutaneus ultrasonic lithotripsy dan extracorporeal shock wave lithotripsy akan memecah batu ginjal menjadi fragmen kecil-kecil, sehingga dapat dikeluarkan secara alamiah atau dengan pengisapan.

Untuk pencegahan batu ginjal, sebaiknya sering minum air rebusan tumbuhan Desmodium stryracifolium, atau dianjurkan mengurangi makan kalsium, diberi obat untuk mencegah pembentukan batu asam urat, dan vitamin C yang memberi keasaman kepada urine. Apabila kelenjar paratiroid juga termasuk penyebabnya, dokter akan merekomendasi tindakan paratiroidektomi (kelenjar paratiroid diangkat).

Prognosisnya: batu ginjal sering menimbulkan gejala rasa sakit yang hebat, tapi biasanya setelah dikeluarkan tidak menimbulkan kerusakan permanen. Memang sering terjadi kambuh lagi, terutama bila tidak didapatkan penyebabnya dan diobati.

Komplikasinya:
1. Timbul kembali batu ginjal.
2. Infeksi saluran urine.
3. Penyumbatan pada ureter.
4. Kerusakan sebagian jaringan ginjal.
5. Menurunnya atau hilangnya fungsi ginjal yang terkena.

(dr. Drs. Hadipratomo Y, sarjana biologi dan dokter umum).***
Selengkapnya...

BERBAGAI kejadian sehari-hari merupakan tantangan yang membutuhkan peran pemikiran, tubuh dan emosi. Individu beradaptasi terhadap stres, dan belajar menggunakannya demi keuntungan. Meski begitu, stres yang berlebihan akan mempengaruhi kualitas hidup. Manusia cenderung mendapat stres fisik dan psikologis.

Stres adalah salah satu kekuatan yang memaksa seseorang untuk berubah, tumbuh, berjuang, beradaptasi atau mendapatkan keuntungan. Semua kejadian dalam kehidupan, bahkan yang bersifat positif menyebabkan stres. Misalnya, kenaikan pangkat merupakan perubahan yang positif, namun tanggung jawab yang baru bisa menyebabkan stres.

Stres dalam kehidupan seseorang merupakan hal yang baik, namun akan menimbulkan masalah bila stres itu berlebihan. Berbagai kelainan yang berkaitan dengan stres adalah penyakit jantung, lambung, alergi, asma, hipertensi dan kemungkinan kanker. Stres juga dapat menyebabkan masalah psikologis, seperti depresi, kecemasan, sikap masa bodoh, kelainan makan dan penyalahgunaan alkohol serta obat-obatan.

Sudah menjadi rahasia umum, stres dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya permasalahan pada lambung. Masalah lambung akan berhubungan dengan masalah nutrisi, kebiasaan nutrisi yang buruk dapat menyebabkan stres. Nutrisi yang buruk juga dapat mengganggu keseimbangan zat-zat gizi, dan tubuh yang kekurangan zat gizi lebih rentan terhadap penyakit. Penyakit dapat meningkatkan kebutuhan tubuh akan zat-zat gizi.

Saluran pencernaan mempunyai fungsi sederhana, yaitu membuat persediaan makanan bagi tubuh dan memungkinkan pengeluaran kelebihan makanan yang tak dibutuhkan melalui ujung saluran pencernaan tersebut. Lambung merupakan ruang depan pada saluran pencernaan, di sinilah makanan disiapkan untuk pencernaan.

Normal tidaknya kerja lambung sebagian besar tergantung pada, apakah lambung itu secara tetap dimasuki jenis makanan yang tepat dan baik. Fungsi lambung mempersiapkan makan untuk pencernaan, dan apabila terlalu sedikit atau terlalu banyak jenis makanan yang tidak tepat, lambung akan menunjukkan tanda-tanda adanya kesukaran.

Karena itu, kita perlu melakukan apa yang dapat kita lakukan untuk menjaga agar lambung tetap sehat. Sesungguhnya kita semua mempunyai pusat pengendali nafsu makan, yang dimaksudkan untuk mengendalikan secara tepat kebiasaan makan kita. Lambung kita akan lebih sehat dan lebih kecil kemungkinannya tidak dapat menahan stres, bila kita mengendalikan kembali pusat pengendali nafsu makan kita.


Makanlah secara teratur, usaha untuk makan harus dilakukan setiap hari. Lebih baik makan porsi kecil dan snacks sepanjang hari daripada mencoba porsi besar. Hindari makanan beragam untuk mencegah peningkatan tekanan darah. Konsumsilah cukup cairan, namun jangan terlalu banyak minuman ringan yang mengandung kafein dan alkohol. Batasi gula hingga jumlah minimal.

Konsumsilah vitamin, buah-buahan, sayuran pada setiap kali makan dengan sedikit makanan kaya protein. Gunakan waktu makan untuk relaksasi dan bersitirahat agar penyerapan makanan berlangsung baik. Dengan makan teratur kita akan ditolong untuk membersihkan sebagian asam di dalam perut kita.

Kesehatan fisik
Pertahanan yang baik untuk stres, tubuh yang sehat dengan jaringan yang mengandung zat gizi secara optimal. Latihan fisik komponen utama pencegahan stres. Latihan fisik mempertahankan tulang yang sehat, otot, jantung, dan paru-paru. Latihan fisik juga menimbulkan kelegaan mental dan emosional, yang membantu seseorang mengatasi dan mencegah stres.

Latihan fisik sebaiknya dimasukkan dalam kegiatan rutin meski kondisi perasaan seseorang tidak tertuju pada aktivitas fisik. Berjalan-jalan pendek dapat menghilangkan ketegangan dan memperbaiki perasaan. Bila stres sangat berat hingga nafsu makan tertekan, makanan dapat menyebabkan mual dan muntah dan harus ditunggu hingga tenang.

Kesehatan fisik yang baik merupakan modal penting, dalam berperang melawan stres. Jangan coba menyimpan segala sesuatu masalah, karena jika Anda melakukan itu, akhirnya Anda akan merasa tidak mampu mengatasi masalah yang kecil sekalipun. Meski kita mengira bahwa kita mampu, namun setiap orang mempunyai titik kelemahan.

Cara paling bijaksanan untuk menghindari pertemuan dengan suatu masalah sebagai akibat keterbukaan terhadap stres, mencoba memastikan bahwa tingkat keterbukaan Anda terhadap stres setiap harinya dijaga pada batas kemampuan pribadi Anda sendiri.

Jika Anda menyimpan emosi dan menolak untuk membiarkan orang-orang di sekitar Anda melihatnya bila Anda merasa sedih dan marah, berarti Anda menimbun stres dan mengurangi kemampuan alamiah Anda untuk mengatasi hal-hal yang tak terduga.

Sementara itu mungkin Anda menemukan cara yang paling efektif untuk menghadapi gejala lambung, adalah latihan relaksasi baik secara mental maupun fisik. Belajarlah mengamati tanda-tanda pertama gangguan lambung, dan segera lakukan pengendalian stress anda. Kebaikan program untuk melawan stres tidak meninmbulkan kerugian. Tidak ada efek samping, semua yang Anda dapat adalah keuntungan.***

Penulis, mahasiswi Universitas Al-Ghifari
Sumber : Pikiran-rakyat.com
Selengkapnya...

PERINGATAN!!! Tulisan ini merupakan tulisan awal saya mengenai obat-obatan tradisional maupun hal-hal yang menyangkut tips kesehatan atau mengatasi penyakit lainnya. Kemanjuran maupun keefektifan dari penggunaan obat atau tips ini hanyalah bersumber dari pengalaman saya saja serta pengetahuan yang diturunkan secara mulut-ke mulut. Disini saya ingin menekankan, juga untuk tulisan-tulisan saya selanjutnya yang berhubungan dengan obat-obatan tradisional maupun tips kesehatan lainnya, bahwa tips kesehatan lewat Obat Tradisional maupun yang lainnya ini dan nanti, tidak saya dasarkan melalui penelitian ilmiah khas laboratorium. Jadi ingin saya tekankan juga, efek samping yang mungkin terjadi karena penggunaan obat-obatan maupun yang lainnya ini tidak teruji secara ilmiah. Saya menyatakan tidak bertanggung jawab atas semua hal yang terjadi jika nanti ternyata apa yang saya nyatakan dan tuliskan mengenai obat-obatan dan tips yang lainnya ini berefek negatif bagi anda. Mohon dibaca baik baik Peringatan ini.

Kebetulan di rumah bapak ibu saya terdapat tanaman obat-obatan tradisional. Kalau beberapa orang mungkin menyebutnya sebagai TOGA (Tanaman Obat Keluarga). Ada benarnya sih pemberian nama TOGA ini. Kadang kala orang juga sering menamai pengetahuan yang bersumber dari keluarga yang sifatnya turun-temurun ini sebagai suatu kearifan lokal. Nah, sebagai seorang manusia yang sering terkena penyakit (Normal bukan?), kadang kala atau malah sering kali obat-obatan yang saya pergunakan untuk mengatasi sakit saya berasal dari tumbuh-tumbuhan di sekitar rumah.

Suatu saat saya mengalami yang namanya kelilipan atau mata terkena sesuatu benda sedemikian sehingga saya merasa tidak nyaman dengan keadaan tersebut. Kemudian secara reflek saya mengucek (bahasa jawa) atau menggosok mata saya tersebut dengan tangan. Sebuah perbuatan yang sangat saya sesali karena kemudian mata saya menjadi merah. Dan apa lacur, tidak hanya merah saja mata saya tetapi mata saya bahkan bengkak dan bola mata saya seperti mau keluar dari rongga mata. Saya ketakutan tentunya menyaksikan mata saya dicermin. Itu tidak terhitung air mata yang telah saya keluarkan karena kejadian itu.

Saya mengadu ke ibu bapak. Sebuah perbuatan yang wajar bukan. Jika anda sakit sebaiknya anda juga melakukan hal seperti saya. Meminta tolong seseorang. Bukan begitu? Ibu saya sehabis saya perlihatkan kondisi mata saya, dengan sedikit kepanikan menyarankan saya untuk memetik beberapa buah daun Sirih yang berada di beranda samping rumah. Kemudian menyuruh saya untuk mencucinya dan kemudian merendamnya dalam air panas. Semua saya lakukan sendiri.

Air yang telah direndami Daun Sirih beberapa lembar tersebut kemudian saya pergunakan untuk membasuh mata saya. Caranya waktu itu mengikuti saran ibu adalah dengan mencelupkan mata saya ke mangkok atau wadah air bersirih tersebut. Tentunya setelah air bersirih tersebut tidak lagi panas betul. Hangat-hangat kuku lah. Atau dingin sekalian juga gak papa.

Anda tahu apa yang terjadi? Beberapa menit kemudian mata merah saya mulai berkurang bengkaknya. Beberapa kali saya disuruh oleh ibu untuk mengulangi apa yang saya lakukan sebelumnya yaitu mencelupkan mata merah iritasi tersebut ke rendaman air daun sirih. Dan dalam satu hari setelah saya melakukan pengobatan tradisional itu, secara mengagumkan mata saya sudah tidak bengkak dan merah lagi.

Ringkasan mengatasi mata merah iritasi :
Petik beberapa lembar daun sirih
Rendam daun sirih dalam air panas
Tunggu sampai rendaman agak dingin atau dingin
Celupkan mata anda ke dalam rendaman
Ulangi sampai beberapa kali

Semoga saja pengalaman saya ini bermanfaat.

Sumber : Haqiqie.wordpress.com
Selengkapnya...

Masuk angin memang bukan penyakit berbahaya. Namun, bila sudah parah, virus mudah masuk tubuh. Untuk pencegahan bisa diatasi salah satunya dengan kerokan.

Kebanyakan orang Eropa mengatasi gejala flu (common cold) seperti pegal linu, perut kembung, batuk-pilek, pusing, sakit kepala, demam, meriang, dll, dengan makan sup panas, minum obat flu yang bisa didapat di toko-toko obat, lalu tidur berbungkuskan selimut.

Mirip dengan itu, orang timur khususnya orang Jawa mengatasi kondisi seperti itu dengan menghirup teh hangat atau minum wedang jahe hangat. Sementara badan dibalur dengan minyak telon, kayu putih atau minyak apa saja yang bisa menghangatkan tubuh. Yang paling sering dilakukan adalah dengan kerokan.

Begitu menyatunya kerokan dengan budaya Jawa, banyak orang Barat (bule) dari berbagai negara mempelajari teknik kerokan di sebuah padepokan yang disebut Lemah Putih, di daerah Mojosongo, Surakarta, Jawa Tengah. Memang tidak hanya di tempat ini mereka belajar. Di tempat lain seperti Yogyakarta, mereka juga menanyakan perihal terapi ini.

Buat para bule, mengherankan sekali kerokan bisa memperbaiki kondisi tubuh yang tidak sehat. Meski pernah dianggap tidak masuk akal, mereka melihat, terapi ini teryata efektif karena murah dan mudah dilakukan.

Prinsip kerokan menurut Dr. Koosnadi Saputra, Sp.R, akupunkturis klinik, mirip prinsip pemanasan dengan menggunakan moxa yang sering dipakai saat jarum akupunktur ditusukkan pada tubuh untuk mengatasi masuk angin. Prinsip ini juga tidak jauh berbeda dengan model terapi kop yang biasanya menggunakan alat seperti tanduk, gelas, karet, tabung bambu dan lain-lain. Di negeri asal teknik akupunktur, model terapi ini sudah resmi dipakai sebagai sarana penyembuhan. Menurut Mochtar Wijayakusuma, putra Hembing Wijayakusuma yang juga seorang akupunkturis, penelitian mengapa kerokan memiliki efek menyembuhkan juga pernah dilakukan di Universitas Ghuan Thou, sebuah universitas terkenal di Cina.

Memberi Rangsang Tubuh

l Dr. Koosnadi menyebutkan, prinsip kerokan adalah upaya meningkatkan temperatur dan energi pada daerah yang dikerok.

Peningkatan energi ini dilakukan dengan pemberian rangsang kulit tubuh bagian luar. Dengan merangsang permukaan kulit lewat dikerok, saraf penerima rangsang di otak menyampaikan rangsangan untuk menimbulkan efek memperbaiki organ yang terkait dengan titik-titik meridian tubuh seperti misalnya organ paru-paru.

Dr. Handrawan Nadesul menambahkan, efek kerokan yang hendak dicapai adalah mengembangnya pembuluh darah kulit yang semula menguncup akibat terpapar dingin atau kurang gerak, sehingga darah kembali mengalir deras.

Penambahan arus darah ke permukaan kulit ini meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh terhadap serangan virus.

Sementara itu alat kerokan biasanya menggunakan uang logam, koin, atau alat bantu khusus kerok yang terbuat dari plastik, tulang, keramik, batu giok, potongan jahe, potongan bawang, dan lain-lain. Alat-alat tersebut harus tumpul supaya tidak melukai kulit.

Sinse Johanes, seorang pengobat yang berpraktek di daerah Mangga Dua, Jakarta Barat menggunakan alat kerokan yang bentuknya mirip stetoskop. Alat ini bisa dipakai untuk mengerok sekujur tubuh dengan cepat, tak lebih dan lima menit. Menurut Johanes, alat ini sudah dijual bebas di Indonesia.

Berfungsi Menghangatkan
l Selain koin atau uang logam, perlengkapan lain yang menyertai biasanya berupa minyak urut, balsem, krim atau jenis minyak lain yang berfungsi menghangatkan.

Fungsi minyak ini selain menghangatkan memang untuk melicinkan proses kerokan sehingga menghindari terjadinya kulit lecet.

Berbagai jenis minyak seperti minyak bayi, minyak jahe, dan minyak lain-lain bisa kita peroleh dengan mudah di toko-toko obat atau warung biasa. Namun jika kita malas pergi jauh-jauh atau keadaan sedikit darurat, artinya segera butuh bahan minyak, kita bisa gunakan minyak kelapa yang dicampur dengan jahe, kencur, sereh, laos, minyak kayu putih, bawang, cabai, dan lain-lain.

Bahan-bahan tersebut setelah dilumat dimasukkan ke dalam minyak yang hendak dicampur. Campuran dari bahan-bahan seperti ini sangat berguna karena minyak asiri yang terkandung di dalamnya juga berfungsi menghangatkan tubuh.

Karena minyaknya saja sudah terasa hangat apalagi ditambah dengan kerokan, kulit pasti akan terasa sedikit sakit terutama untuk mereka yang memiliki kulit sensitif.

Saat dikerok, biasanya akan terjadi perubahan warna kulit. Kalau tidak merah, kulit bisa merah kebiruan, bahkan menghitam. Perubahan warna kulit ini menunjukkan tingkatan rasa sakit. Menurut Mochtar Wijayakusuma, warna kulit yang semakin menua menunjukkan semakin berat gangguan penyakitnya.

Sesuai Titik Meridian
Kerokan biasanya dilakukan pada bagian tubuh seperti leher, bahu, punggung maupun pinggang. Atau bisa saja di seluruh bagian tubuh, kecuali alat kelamin, dubur, dan bola mata.

Koosnadi menyebutkan sebaiknya kerokan dilakukan dari arah atas ke bawah. Bisa juga mendatar. Sebaiknya arah kerokan disesuaikan dengan meridian. Supaya efektif kerokannya, sebaiknya berdasarkan pada titik akupuntur dan meridiannya sesuai dengan keluhan penyakit yang terjadi.

Satu hal yang patut diingat dan dilakukan bila Anda sudah kerokan adalah tidak mandi karena setelah kerokan, pori-pori kulit dalam kondisi terbuka. Lebih baik sekalah kulit dengan lap basah (yang dicelupkan pada air hangat lalu diperas).

Selain itu, Anda juga harus ingat bahwa kerokan hanyalah sebuah langkah pencegahan. Anda tetap harus ke dokter untuk mengkonsultasikan kondisi ini bila dalam tiga hari, sakit Anda tidak sembuh. Yang jelas, selama sakit lakukanlah hal-hal pendukung lainnya seperti misalnya banyak minum jus jeruk dan tomat, mengkonsumsi makanan dan minuman hangat (seperti wedang jahe, sup kaldu ayam segar yang ditambah wortel, brokoli, bawang merah dan putih) serta istirahat secukupnya. @ Abdi Susanto

Sumber : Kompas.com
Selengkapnya...

Balita Anda susah makan? Jangan emosi. Berpikirlah dengan tenang dan aturlah strategi. Berikut dr Soeroyo Machfudz SpA(K) MPH dari Yogyakarta memberikan beberapa kiat yang bisa dimanfaatkan:

1. Bagi ibu yang bekerja, luangkan waktu sebentar saja tetapi berkualitas untuk menyuapi anaknya. Sebab, sebenarnya anak-anak sangat mengerti bila ibunya bekerja.
2. Berikanlah kepuasan psikis kepada anak yang sesuai dengan usianya, dan buatlah agar suasana hatinya senang, misalnya anak makan sambil jalan-jalan, melihat kereta api, dan lain-lain. Problem utama anak susah makan itu 6 bulan sampai 2 tahun. ''Asal usia itu terlewati dengan bagus, Insya Allah ke depannya tidak ada masalah.'', tutur Soeroyo.
3. Pada saat orang tua baik ibu maupun ayahnya pulang kerja, pertama kali yang harus dipegang atau disapa adalah anaknya. Jangan yang lain.
4. Jangan memaksa anak makan sampai mencekoki, mencubit atau bahkan memelototi. Bagaimana bila anak tidak mau sayur, tahu-tempe, dan makanan bergizi lainnya? Soeroyo menyarankan sebaiknya anak 'dilaparkan' dulu. ''Tetapi, kita siapkan makanan yang sudah kita programkan, nanti berangsur-angsur dia akan mau, tetapi memang perlu telaten, disiplin.'',
jelas dia.
5. Sebaiknya sedini mungkin kita menerapkan penghargaan dan hukuman yang edukatif. Misalnya, pada waktu anak mau makan dipuji, diajak jalan-jalan, ciuman, pelukan. Bila tidak mau makan, katakan, misalnya, ibu atau ayah tidak mau lihat televisi bersama-sama, tidak mau jalan-jalan lagi.
6. Pada anak berusia setelah empat bulan-enam bulan, baik diberi bubur instan asalkan anak tak alergi susu. Setelah anak berusia enam bulan, lebih bagus membuat bubur sendiri, karena ada macam-macam pilihan sayuran dan lauk-pauk yang bisa mengurangi kejenuhan rasa. Misalnya, hati dengan bayam, kemudian wortel dengan tempe, kangkung dengan tahu, dan sebagainya. Namun, bila dengan makanan tersebut anak mengalami diare atau muntah maka menu harus dievaluasi.
7. Pada saat bayi mengalami perubahan makanan seperti enam bulan, sembilan bulan satu tahun, dia akan merasa-rasakan karena rasanya aneh sehingga kadang dimain-mainkan seperti dimuntahkan, ini harus dimasukkan lagi. Prinsipnya bila makanan tersebut dimuntahkan, harus sedikit-sedikit dan makanannya harus lebih cair lagi.
8. Pada kasus anak yang mengalami gangguan psikis yang manifestasinya pada lambung dengan muntah bisa teratasi kira-kira setelah tiga tahun. Tetapi, kasus seperti itu jarang dan tidak menjadi masalah asal kebutuhan gizi, kalori, lemak, proteinnya tercukupi.

(sumber: republika.co.id)
Selengkapnya...

LANGKAH PERTAMA SAAT TERKENA FLU

1. Istirahat di tempat tidur jika merasa demam.
2. Untuk mengurangi sekresi yang terkumpul dijalan pernapasan dan menjaga tenggorokan tidak terasa kering, sering-sering minum air putih.
3. Hindari minum susu ataupun produk olahannya karena susu bisa mempertebal sekresi mukus (dahak) sehingga akan sulit dikeluarkan.
4. Jika gejala flu tidak tertahankan, konsumsi obat flu yang dijual bebas. Telitilah membaca label, kandungan obat, efek samping, serta aturan pakai yang tertera pada kemasannya.
5. Jika gejala semakin memburuk dalam waktu 72 jam atau lebih, juga disertai batuk yang tidak mau reda, segera hubungi dokter.

PENANGKIS FLU

Vitamin C.
Membantu penderita flu mengurangi rasa tidak enak badan karena bekerja sebagai antioksidan (menegah radikal bebas dalam tubuh dan menghancurkannya).

Sup ayam.
Berperan meningkatkan imunitas tubuh, juga membantu membersihkan mukus (dahak) dari saluran pernapasan dan menghilangkan bulion yang mengandung substansi pembawa virus pilek. Jika disajikan dalam keadaan hangat, uap yang dihasilkan dapat berfungsi megatasi sesak napas.

Daging rebus.
Makanan ini kaya akan seng dan mineral lain yang dapat merangsang beroperasinya sistem kekebalan tubuh.

Buah sitrun dan jus buah-buahan.
Memiliki efek antihistamin (antialergi).

Bawang putih.
Dapat membantu melawan virus sehingga mengurangi gejala flu, mempercepat waktu penyembuhan dan mengurangi peluang terjangkitnya virus lain untuk datang.Juga bersifat antivirus sehingga dapat berperan sebagai pencegah infeksi alami. Manfaat bawang putih tidak berkurang meskipun dimasak.

L a d a .
Mengandung capsaicin (sejenis zat yang memberikan rasa hangat) yang dapat membantu melapangkan jalan napas atas (hidung, pangkal hidung, dan laring).

K e t u m b a r .
Cara praktisnya ketumbar direbus, tambahkan jahe, daun bawang putih dan madu. Air rebusan disaring lalu diminum. Untuk menghilangkan batuk, air rebusan ketumbar dibubuhi kayu manis, kumis kucing dan gula aren.

Untunglah, flu bisa sembuh dengan sendirinya bila gejalanya tidak parah dan tidak menimbulkan komplikasi. Syarat utamanya adalah, istirahat dan memngkonsumsi berbagai bahan makanan dan obat yang sesuai.

sumber : Hudzaifah.org
Selengkapnya...

Bagi beberapa orang, kesuksesan tidak selalu hanya membawa hal-hal yang positif. Semakin sukses seseorang umumnya jadwalnya pun akan semakin padat, dan tidak dapat dipungkiri kehidupannya akan semakin rentan terhadap penyakit yang namanya 'Stress'.

Setiap promosi jabatan akan selalu disertai dengan tambahan tanggung jawab yang notabene juga berarti tambahan stress. Yang menjadi tantangan adalah bagaimana menangani penyakit stress ini? "Setiap orang yang sukses pasti mempunyai cara ampuh untuk mengatasi stress", kata Dr. Woodson Merrell dari Beth Israel Hospital, New York. "Hanya mereka yang mempunyai pandangan positif terhadap situasi terburuk yang bisa mengatasi stress sehingga penyakit stress ini tidak sampai menyebabkan meningkatnya resiko terkena penyakit jantung." imbuhnya. Tetapi semua orang, disadari atau tidak, membutuhkan penyakit stress ini dalam jumlah tertentu.

Dalam jumlah yang tepat, penyakit stress ini dapat memberikan motivasi dan dapat mengasah kecerdasan mereka juga membantu mereka untuk tetap waspada dan sigap dalam menghadapi segala situasi yang mungkin muncul. Bayangkan kehidupan tanpa stress, berjemur di pantai dengan pasir putih dan mendengarkan nyanyian ombak, ditemani segelas minuman segar. Mungkin kedengarannya indah? Mungkin.

Tapi bayangkan jika Anda harus menjalani hidup seperti ini seumur hidup Anda? Dengan kehidupan seperti ini, Anda tidak akan termotivasi untuk melakukan apapun dan mencapai tujuan apapun dalam hidup Anda. Sebaliknya, hidup dalam kondisi stress secara terus menerus juga bukan merupakan ide yang bagus. Stress yang berkepanjangan ini akan menyebabkan tubuh Anda memproduksi hormon cortisol dalam jumlah besar yang telah terbukti dapat menyebabkan kita kehilangan fungsi cognitif dan menyebabkan daya tahan tubuh kita lemah.

Stress tidak hanya memberikan efek negatif untuk kesehatan tapi juga akan menyebabkan kita bersikap buruk terhadap orang-orang di sekitar kita. Untuk apa hidup dalam stress yang berkepanjangan meskipun Anda sukses jika pada akhirnya karena stress tersebut Anda harus kehilangan orang-orang yang Anda sayangi dan bahkan mati muda karena serangan jantung? Maka idealnya adalah memiliki stress dalam jumlah yang cukup untuk membantu kita tetap fokus tetapi juga mempunyai cara-cara ampuh untuk mengatasinya sehingga penyakit stress ini tidak mengendalikan hidup kita.

Hindari alkohol dan rokok
Salah satu cara yang oleh banyak orang dianggap paling ampuh dan paling cepat untuk mengatasi stress adalah dengan mengkonsumsi minuman beralkohol. Padahal konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan akan menyebabkan Anda rentan terhadap berbagai penyakit dan dalam banyak kasus juga akan menimbulkan masalah dalam kehidupan rumah tangga Anda. Mengkonsumsi alkohol dan rokok bukanlah merupakan cara yang baik dan efektif untuk menyembuhkan diri dari stress.

Berikut adalah 10 cara yang sehat untuk mengatasi stress dari hasil survey

1. Accupressure Pijatan-pijatan pada titik tertentu akan membantu Anda menstimulasi titik-titik penyembuhan. Prosedur ini sangat bagus untuk membantu Anda relax dan membantu meringankan kepenatan. Accupressure juga telah terbukti dapat membantu orang-orang untuk tidur lebih nyenyak di malam hari.

2. Olah raga Olah raga sangat efektif untuk membantu mengatasi stress karena berolah raga akan memperlancar peredaran darah dan membuka jantung untuk menerima lebih banyak oksigen. Berolah raga juga akan membantu Anda untuk dapat tidur lebih nyenyak di malam hari. Energi yang dilepaskan pada saat kita berolah raga juga akan menstimulasi tubuh kita untuk memproduksi lebih banyak endorphins yang merupakan hormon yang menyebabkan kita merasa bahagia.

3. Hobby Jika seseorang mengalami stress berat, maka cara yang baik untuk melepaskan stress tersebut adalah dengan menyalurkannya dalam bentuk hobby. Hobby yang melibatkan banyak orang dalam satu grup juga sangat dianjurkan karena hobby ini akan sangat kondusif terhadap kehidupan sosial seseorang.

4. Minum Air Putih Hanya dengan minum satu atau dua gelas air putih akan sangat membantu Anda untuk lebih relax dan dengan cairan tubuh yang cukup, Anda akan terhindar dari kepenatan dan kelelahan yang akan semakin memperburuk keadaan jika Anda stress.

5. Pijat Jika pijat merupakan cara terbaik bagi Anda untuk melepaskan diri dari stress, maka mulailah menyalakan lilin aromatherapy dan lakukan pemijatan selepas Anda bekerja seharian. Pijatan tidak hanya ampuh untuk menenangkan pikiran dan jiwa Anda setelah Anda seharian beraktivitas, tetapi juga dapat membantu untuk meregangkan otot-otot yang penat dan menstimulasi peredaran darah. Bahkan pijatan-pijatan lembut dan ringan dari suami Anda akan membantu Anda untuk tidur lebih baik.

6. Meditasi Para pakar mengatakan bahwa cara paling ampuh untuk mengatasi stress adalah meditasi. Karena meditasi dapat membantu seseorang untuk menjernihkan pikiran dan berkonsentrasi pada ketenangan alam sekitarnya. Telah dibuktikan bahwa meditasi selama 15 menit memberikan istirahat dan ketenangan yang lebih dibandingkan tidur nyenyak selama 1 jam. Tetapi sebenarnya hanya dengan meditasi 1-2 menit setiap hari sudah dapat memberikan efek positif yang luar biasa untuk Anda. Mulailah dengan duduk tegak dan kosongkan pikiran Anda. Meditasi akan membantu kita untuk melupakan pikiran-pikiran dan kekhawatiran yang menyebabkan kita menjadi stress.

7. Makan makanan yang bergiziPada saat kita dalam kondisi stress, makan secara teratur dan makanan yang mengandung karbohidrat rendah akan sangat membantu menjaga keseimbangan gula darah. Makan makanan yang mengandung terlalu banyak karbohidrat bukanlah hal yang baik karena akan meningkatkan kandungan insulin dalam darah yang akan menyebabkan Anda merasa lelah.

8. Sex Jika Anda masih belum tahu, sex merupakan cara efektif untuk menyembuhkan hampir apapun juga, termasuk juga stress!

9. Tidur Kelelahan bukan kondisi yang bagus untuk mengatasi stress. Kondisi kurang tidur akan membuat Anda melihat masalah secara berlebihan dan memperburuk situasi.

10. Terapi Dengan mengunjungi ahli terapi secara teratur akan sangat membantu Anda mengatasi stress.

Sumber : msnbc.msn.com, forbes.com
Selengkapnya...

SEMUA makhluk hidup memerlukan istirahat setelah melakukan aktivitas/ kegiatan. Karena aktivitas tersebut menggunakan jaringan sel hidup, sehingga akan timbul kerusakan pada jaringan tersebut, karenanya makhluk hidup perlu istirahat untuk memperbaiki kerusakan yang dimaksud.

Mengenai tidur ini, tidak ada aturan kaku dan ketat yang diberlakukan, karena istirahat tidur ini tergantung pada usia, jenis pekerjaan, temperamen setiap individu. Bayi dan anak-anak memerlukan tidur lebih banyak dibandingkan orang dewasa. Pada orang-orang yang sudah berumur sebenarnya lebih memerlukan istirahat daripada tidur yang sebenarnya. Selama berbaring mereka lebih banyak menggunakan waktu untuk mengubah-ubah posisi berbaringnya saja. Orang yang bekerja dengan menggunakan otak/pikirannya memerlukan lebih banyak tidur dibandingkan dengan orang yang bekerja dengan fisiknya. Sebagai suatu ukuran, orang dewasa yang sehat dan banyak bekerja dengan otak/pikiran seyogianya tidur selama tujuh jam. Malam hari adalah waktu terbaik untuk tidur. Hal ini bukanlah masalah kebiasaan saja bahwa orang-orang yang bekerja pada siang hari akan tidur pada malam hari, namun secara alamiah terlihat bahwa siang hari lebih cocok untuk bekerja dan waktu malam digunakan untuk beristirahat/tidur.

Tidur mempengaruhi metabolisme tubuh dan merangsang daya asimilasi. Itulah sebabnya jika tidur berlama-lama malah tidak sehat, karena tubuh kita menyerap/ mengasimilasi limbah dan uap-uap kotor lagi, sehingga jika kita tidur kelamaan maka akibatnya kita bukan menjadi segar bersemangat tetapi malah loyo. Disarankan untuk menata selang-selang (periode) aktivitas dan istirahat menjadi lebih pendek. Contoh yang terbaik adalah apa yang dilakukan oleh Rasulullah Muhammad SAW, beliau biasanya pergi tidur tidak terlalu malam kemudian bangun beberapa saat setelah lewat tengah malam untuk melakukan salat tahajud, besoknya beberapa saat menjelang tengah hari beliau tidur sejenak.

Secara ilmiah pun beberapa penelitian telah membuktikan, kurang tidur atau justru kebanyakan tidur, ternyata berisiko terhadap kesehatan jantung. Demikian terungkap dari hasil penelitian yang melibatkan 72.000 orang perawat sebagai samplingnya Wanita yang tidur kurang dari 5 jam setiap malamnya, ternyata memiliki risiko lebih tinggi 39% terkena penyakit jantung dibandingkan dengan perempuan yang tidur 8 jam. Sedangkan, wanita yang tidur kurang dari 6 jam memiliki risiko lebih tinggi 18% terkena sumbatan arteri.

Sedangkan orang yang tidur sembilan jam atau lebih, diperkirakan memiliki risiko lebih tinggi 37% terkena penyakit jantung. "Masyarakat seharusnya mulai berpikir bahwa jumlah jam tidur yang cukup bukanlah suatu yang berlebihan, namun sebagai gaya hidup sehat," ujar Dr. Najib Ayas, spesialis kelainan tidur lulusan Harvard, yang kini bekerja di Brigham dan rumah sakit (RS) wanita di Boston, yang juga merupakan lokasi penelitiannya seperti dikutip kantor berita AP.

Dalam hasil penelitian yang dipublikasikan Senin lalu di Mondays Archives of Internal Medicine diketahui bahwa satu dari tiga orang AS tidur terlalu banyak. Diperkirakan pula, hasil penelitian ini juga berlaku untuk kaum pria.

Posisi tidur yang baik
Tidur berbaring dengan posisi telentang adalah kurang sehat, karena menekan atau menyesakkan tulang punggung, bahkan kadangkala bisa menyebabkan kita ingin ke toilet/WC, juga tidur tengkurap atau menelungkup tidak praktis untuk pernapasan. Banyak tidur pada sisi kiri badan (menghadap ke kiri) bisa mengganggu kesehatan kita, karena menghimpit jantung sehingga sirkulasi darah terganggu dan mengurangi pasokan darah ke otak. Jika ini terjadi kita akan mengalami mimpi-mimpi sedih memilukan, mimpi buruk/seram (nightmares), bahkan berjalan dalam keadaan tidur (somnabulisme). Posisi tidur terbaik menurut sains adalah pada sisi kanan tubuh (menghadap ke kanan). Fakta ini telah diuji melalui riset medis modern yang panjang untuk membuktikan kebenaran ajaran Islam yang berkualitas wahyu, sebagaimana Rasulullah Muhammad SAW menganjurkan kepada para pengikut beliau untuk tidur berbaring pada sisi badan bagian kanan. Dalam posisi tidur diusahakan agar kepala menghadap ke Utara dan kaki mengarah ke Selatan, sehingga tubuh tidak menolak arus/medan magnet konstan mengaliri sekujur tubuh dari kutub magnetik Utara menuju ke Selatan dan 'terhubung' lancar ke sistem syaraf kita.

Perlu diketahui dan diingat sehubungan dengan fenomena tidur ini, yaitu jika terdapat suatu keinginan, niat, ide di dalam pikiran kita sebelum tidur, maka hal-hal tersebut secara laten mengendap di dalam alam bawah sadar kita sepanjang malam dan tanpa disadari akan mempengaruhi pikiran dan tindakan kita. Sebagai contoh, jika seorang anak kecil tertidur dalam keadaan menangis, maka pada umumnya saat anak itu bangun dia akan menangis lagi. Selanjutnya, jika seorang bayi jatuh tertidur ketika sedang menyedot susu, ia juga akan membuat gerakan yang serupa ketika terbangun. Oleh sebab itu, kita dianjurkan mengarahkan perhatian kita sebelum tidur pada hal-hal yang berhubungan dengan moral dan spiritual.

Rasulullah Muhammad Saw menyuruh kaum Muslim untuk membaca dan merenungkan ayat-ayat Alquran, yaitu ayat kursi dan tiga surat terakhir dari Alquran sebelum tidur. Ayat-ayat tersebut tidak untuk diucapkan seperti jampi-jampi atau mantera. Sebagaimana diketahui, ayat-ayat tersebut banyak berbicara mengenai keagungan dan keindahan sifat-sifat Tuhan, dan hal ini akan memberikan kesan yang dalam serta kuat di alam pikiran kita. Merenungkan sifat-sifat ketuhanan tersebut akan membersihkan dan meninggikan rohani serta mendapat perlindungan Allah Swt terhadap segala godaan setan dan hal-hal yang merugikan. Praktik seperti ini jika kita laksanakan dengan baik akan menjadi sumber yang besar bagi kekuatan moral. Tidak dianjurkan langsung tidur setelah makan malam. Ada pepatah lama mengatakan: "Berjalanlah sejauh 1 mil setelah makan malam, raihlah kebaikan untuk selamanya". Islam juga menganjurkan kita agar secara khusus menjalankan salat Isya berjamaah di masjid. Perintah ini baik bagi jiwa maupun raga.

Sulit tidur atau tidur dengan kualitas yang buruk sering juga menjadi penyebab penyakit saraf atau penyakit jiwa. Oleh sebab itu penting sekali untuk mendapatkan istirahat yang baik di malam hari. Sulit tidur bisa diatasi dengan suatu niat untuk tidur. Dan untuk dapat membantu Anda mendapatkan tidur malam yang baik. Berikut 10 langkah yang dapat Anda lakukan.

- Mandi air hangat.
"Mandi air hangat sebelum tidur dapat membantu tidur," ungkap Paul Martin, penulis buku baru Counting Sleep.

- Tetap pada waktu tidur yang sama.
Para ahli tidur yakin pergi ke tempat tidur dan bangun pada waktu yang sama secara teratur adalah penting bagi tidur sehat.

- Minum susu hangat sebelum tidur.
Minum susu hangat dapat mendorong kantuk karena susu mengandung unsur pendorong kantuk. - Hindari minum terlalu banyak alkohol.

- Membeli tempat tidur baru.
Jika tempat tidur Anda lebih dari 10 tahun, pertimbangkan untuk menggantinya. Struktur tempat tidur akan memburuk sampai 70 persen yang menyebabkan gangguan tidur dan kemungkinan merusak tulang belakang.

- Hubungan seks.
Jika Anda stres, khawatir, atau hanya tidak bisa tidur, lakukan hubungan seks. Ada bukti ilmiah yang kuat, orgasme mendorong mengeluarkan endorphins, suatu kimia yang dikeluarkan otak yang bertindak sebagai painkiller efektif.

- Cobalah membaca novel.

- Menulis tugas-tugas besok hari.
Dibading Anda menghabiskan malam hari mengkhwatirkan tugas besok hari, sebaiknya menulis daftar tugas dalam pikiran, sehingga otak mampu untuk istirahat di malam hari. Ini mencegah otak aktif dan menghentikan kekhwatiran sepanjang malam.

- Hindari makan sebelum tidur.
Makan di larut malam dapat merangsang pencernaan, membuat Anda terjaga sepanjang malam. Menutut Paul Martin pencernaan dapat meningkatkan temperatur tubuh dan membuat tubuh dan otak bekerja.

- Tidur di ruangan gelap dan tenang.
Untuk menjamin tidur malam yang panjang dan tidak terganggu, cobalah tidur di tempat gelap atau dengan lampu yang tidak terlalu terang karena hormon tidur akan dikeluarkan otak selama berjam-jam di kegelapan sekalipun Anda tengah terjaga. (Herni Andriani, S.Pd./berbagai sumber)***
Selengkapnya...

Mungkin Anda tertawa membaca judul di atas.
Masak sih? Bukankah banyak tidur justru bikin badan jadi melar?

Jawabannya, "Tidak!"

Menurut hasil studi teranyar, kalau Anda cukup tidur di malam hari, justru menyelamatkan Anda dari kegemukan.

Kalau saat ini Anda gemuk, coba ingat-ingat dulu, jangan-jangan selama ini kurang tidur. Di waktu tidur, tubuh kita justru membakar sejumlah kalori. Jadi ya semakin lama Anda tidur lebih banyak lagi kalori yang dibakar. Karenanya, Anda dianjurkan memiliki pola tidur yang baik di malam hari. Paling tidak cara ini bisa membuat Anda tidak cepat gemuk.

Studi yang dilakukan para ilmuwan dari The Columbia University menemukan: Mereka yang tidur selama 4 jam atau kurang di malam hari, 73 persen berpeluang jadi gemuk. Yang tidur 5 jam sehari, peluangnya 50 persen menderita kegemukan. Sementara yang tidur 6 jam sehari, peluangnya lebih kecil yakni 23%.

Melihat hasil tadi, mereka yang tidur kurang dari empat jam sehari adalah golongan yang paling berisiko menderita obesitas.

Mengapa ya?
Tim peneliti dari the Mailman School of Public Health and the Obesity Research Center di Columbia mengamati perilaku 18.000 orang, berusia 32 sampai 59, yang berpartisipasi dalam survei the National Health and Nutrition Examination periode 1980-an.

Hasilnya,
Jika tidak tidur di malam hari, kita biasanya lebih suka nongkrong di depan televisi atau komputer. Selanjutnya bisa ditebak, sambil nonton atau memelototi komputer kita cenderung mengonsumsi makanan lebih banyak atawa ngemil.

"Jika seseorang terjaga dalam waktu lama, mereka cenderung makan banyak," kata Dr Stephen Heymsfield yang terlibat dalam penelitian ini.

Tak hanya itu, penelitian menunjukkan pula, kurang tidur berhubungan dengan berkurangnya kadar hormon leptin. Hormon yang mengatur nafsu makan, berat badan, dan melaporkan pada otak berapa banyak cadangan makanan yang tersedia dalam tubuh.

Selain hormon leptin, kadar hormon grehlin yang fungsinya merangsang nafsu makan, ditemukan meningkat pada orang-orang yang kurang tidur.

Hasil penelitian ini diamini Dr. David Haslam dari National Obesity Forum. Dikatakannya, selain faktor depresi, aktivitas fisik, konsumsi alkohol, tingkat pendidikan, umur dan jenis kelamin, kurang tidur jelas ikut memicu terjadinya kegemukan.

Ia yakin kuncinya adalah: kalau tidak tidur, kita lebih suka berada di depan komputer atau televisi, kemudian makan. Selain itu, stres yang merupakan pengaruh dari pola tidur, diketahui mempengaruhi pula kadar hormon dalam tubuh.(lbk/BBC)

Sumber : kompas.com
Selengkapnya...

Anda pencinta buah-buahan ? Tahukah Anda , apa dari buah-buahan yang membuat anda sehat? Berikut ini 10 daftar buah-buahan terkenal manfaatnyadan nutrisinya.

1. Apel
Apel adalah jenis buah-buahan yang memiliki banyak varietas. Apel yang dimasak cenderung berkadar gula rendah disbanding jenis yang dimakan langsung. Apel mengandung karbohidrat terutama ketika sedang tumbuh, kaya pectin (sebuah jenis serat) dan beberapa varietas biasa biasa dibuat sari buah apel.Apel mengandung flavonol yang disebut quarcetin yang dalam beberapa penelitian memiliki bahan anti kanker. Sebuah penelitian di Finlandia ditemukan makan banyak apel dikaitkan dengan penurunan resiko kanker paru-paru.Quercetin juga mengandung bahan anti radang sehingga bermangfaat bagipenyakit seperti arthritis.sebagai obat tradisional,apel digunakan untuk menyembuhkan sembelit dan ape yang dimasak dipakai untuk menghentikan diare. Sementara kandungan gizinya apel mngandung fitamin C tapi tida sebanyak buah jeruk.

2. Strawbery
Strawbery adalah jenis buah yang sangat menarik selera karena bentuk dan warnanya yang mencolok. Strawbery mengandung ellagic acid sebagai antioksidan. Dalam beberapa penelitian ellegic acid terbukti dapat menghalangi pertumbuhan tumor dalam paru-paru, osephagus, payudara, cervix, dan lidah.Sementara penelitian di Amerika strawberry dapat mengurangi resiko kanker dan asap rokok. Sebagai obat tradisional, strawberry diyakini memiliki anti bakteri dan digunakan sebagai pembersih system pencernaan. Strabery adalah jenis buah yang hamper tidak dapat dicerna namun banyak mengandung vitamin C. Strabery mudah busuk sehinnga jarang disimpan lama melainkan dimakan pada saat itu. Wanita dewasa disarankan makan 5 bauh strawbery per hari

3. Pisang
Buah yang banyak tumbuh di Negara beriklim tropic ini merupakan sumber vitamin B6 yang dibutuhkan untuk membuat serotonin dalam otak. Serotonin berfungsi mengurangi rasa sakit, menekan nafsu makan dan membuat merasa relaks dan mengurangi ketegangan. Sebagai obat tradisional, pisang digunakan untuk menyembuhkan bisul perut.Tidak seperti bua-buah lain, pisang mengandung banyak karbohidrat, sedikit mengandung karotin dan vitamin C namun kaya potassium.

4. Melon
Melon adalah buah yang banyak tumbuh diiklim subtropik dan mengandung gula yang tinggi dan lycopene yang berfungsi sebagai anti kanker. Melon merah dan orange juga mengandung caroteroid yang dapat melindungi sel tubuh terhadap kerusakan free radical dan dapat juga diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A diperlukan untuk menjaga system kekebalan kulit mata yang sehat.Melon dikenal sebgai buah yang mengandung kadar air yang tinggi. Sepotong melon sama dengan satu gelas air. Melon juga mengandung vitamin C.

5. Jeruk
Jeruk termasuk buah yang memiliki banyak varietas dengan berbagai keunggulan masing-masing dari mulai yang memiliki rasa asam hingga manis. Jeruk mengandung pytochemical yang disebut hesperidin yang berfungsi sebagai anti oksidan. Jeruk juga sumber pectin yang berfungsi menurunkan tekanan darah dan termasuk buah rendah serat namun sumber vitamin C dan folate.

6.Mangga
Mangga adalah buah yang memiliki lebih dari 2000 varietas. Buah ini banyak tumbuh di Negara-negara timur jauh termasuk Afrika Barat. Mangga mengandung carotenoid yang desebut beta crytaxanthin, sebuah antioksidan yang dapat melindungi terhadap beberapa jenis kanker seperti kanker usus dan kanker tulang tengkuk. Mangga termasuk buah yang kaya caratenoid, serat dan vitamin C

7. Kiwi
Kiwi adalah buah yang tersedia sepanjang tahun dan banyak ditemukan di Selandia Baru, Brasil, Italia dan Perancis. Kiwi mengandung sebuah pigmen yang disebut chlorophyll yang memberikan buah tersebut berwarna hijau. Dalam dunia kedokteran kiwi dapat diubah menjadi sebuah senyawa yang memiliki kemampuan mengikat kanker.

8. Plum
Buah yang banyak memiliki banyak varietas, sebagian besar tumbuh di Inggris, Amerika, Perancis, Italia, Spanyol. Plum mengandung phytochemical yang disebut ferulic acid yang memiliki senyawa anti kanker. Penelitian menunjukan banyak konsumsi ferulic acid dapat membantu menurunkan resiko kanker usus

9. Anggur.
Anggur buah yang banya dibuat untuk minuman dan bisajuga langsung dimakan sebagai desert. Kulit anggur mengandung phytochemical yang disebut resveratrol yang terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung, anti kanker, antibakteri dan mengandung antioksidan. Anggur buah yang memiliki kandungan vitamin C rendah.

10. Nanas
Termasuk jenis buah tropis yang aslinya berasal dari Amerika Selatan. Nsnsd mengandung enzimbromelain yang memiliki kemampuan untuk mengurai protein. Nanas sering dipakai sebagai bahan pelunak daging selain berguna membantu pencernaan, menguraikan pembekuan darah, mencegah sinusitis dan infeksi saluran kencing.Nanas merupakan sumber vitamin C dan serat dan mengandung kadar gula yang tinggi

Selengkapnya...

GIZI buruk adalah kondisi tubuh yang tampak sangat kurus karena makanan yang dimakan setiap hari tidak dapat memenuhi zat gizi yang dibutuhkan, terutama kalori dan protein.

Tanda awal gizi buruk: berat badan anak, letak titiknya dalam KMS, jauh berada di bawah garis merah (BGM). Minta nasihat kepada kader atau petugas kesehatan bila berat badan anak lebih dari 3 bulan turun terus (tidak naik).

Gejala klinis busung lapar antara lain warna rambut penderita jadi kemerahan, tubuh kurus kering, dan tulang nyaris terbalut kulit (marasmus). Jika gejala klinis tidak tertangani dengan baik, perut penderita makin buncit dan kaki membengkak (kwashiorkor).

Tanda-tanda anak marasmus (kurang kalori)

(1) Anak tampak sangat kurus, tinggal tulang terbungkus kulit, dan pantat keriput. (2) Wajah seperti orang tua (monkey face). (3) Kulit keriput, kering, dan kusam. (4) Rambut tipis, kemerahan, dan mudah dicabut. (5) Anak cengeng dan rewel.

Tanda-tanda anak kwashiorkor (kurang protein)

(1) Bengkak (oedema) hampir di seluruh tubuh, terutama punggung dan kaki. (2) Muka bulat dan sembap (moon face). (3) Mata kuyu dan sayu. (4) Rambut tipis, jarang, dan mudah dicabut. (5) Terdapat bercak merah-hitam pada kulit, kadang terkelupas. (6) Cengeng, rewel, dan ”apatis”.

Penanggulangan

(1) Ibu memberikan aneka ragam makanan dalam porsi kecil dan sering kepada anak sesuai kebutuhan dan petunjuk cara pemberian makanan dari rumah sakit/dokter/puskesmas.
(2) Bila balita dirawat, perhatikan makanan yang diberikan. Lalu, teruskan di rumah.
(3) Berikan hanya ASI, bila bayi berumur kurang dari 4 bulan.
(4) Usahakan disapih setelah berumur 2 tahun
(5) Berikan makanan pendamping ASI (bubur, buah-buahan, biskuit, dsb.) bagi bayi di atas 4 bulan dan berikan bertahap sesuai umur.

Untuk pencegahan
(1) Timbang balita tiap bulan ke posyandu
(2) Lapor ke petugas kesehatan tentang perkembangan kesehatan anak maupun berat badan anak.

Selengkapnya...

Rempah-rempah ternyata tak hanya melezatkan masakan namun juga bisa menjaga kesehatan. Mengganti bumbu masak tradisional seperti gula, garam dan lemak dengan aneka rempah-rempah, selain membuat masakan lebih sedap, tubuh juga lebih sehat. "Menambahkan bumbu dan rempah-rempah ke dalam masakan tak hanya menjaga kesehatan berat badan tapi juga bisa melindungi tubuh dari kanker, menjaga tekanan darah dan gula darah serta menjaga kesehatan kardiovaskular," kata Suzanna Zick, peneliti dari University of Michigan Health System.

Berikut beberapa bumbu yang bisa dipakai untuk melezatkan masakan sekaligus menyehatkan tubuh :

- Ganti garam dengan rempah. Aneka rempah-rempah seperti oregano, paterseli, bawang putih, rosemary, sudah cukup untuk memberikan aroma alami dalam masakan.
- Gunakan bawang putih segar. Selain menurunkan tekanan darah, bawang putih juga baik untuk mengontrol kadar kolesterol. Untuk hasil maksimal, gunakan bawang putih segar, jangan yang berupa bubuk dalam botolan.
- Kemangi, oregano dan rosemary, bisa membantu Anda melawan virus influenza
- Kunyit untuk mengobati sakit punggung. Para peneliti telah menemukan kandungan zat dalam kunyit yang disebut curcumin, ternyata mengandung khasiat anti peradangan. Selain bisa dikonsumsi terpisah, kunyit juga bisa ditambahkan dalam bumbu kari. Selain itu, curcumin juga bisa mengurangi risiko kanker usus.
- Kurangi tekanan darah dengan bumbu "hangat". Bumbu-bumbu hangat seperti jahe, kayu manis, lada, dan pala, bisa melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh, sehingga akan mengurangi tekanan darah.
- Ganti gula dengan rempah. Kurangi asupan gula setiap hari, selain melakukan diet, Anda juga bisa mulai mengganti gula dalam masakan dengan kayu manis atau pala.

Sumber : Kompas cyber media
Selengkapnya...

Pada saat ini dimana-mana kita bisa mendapatkan produk yang bernama susu, rasanya pun bermacam-macam, mulai dari cokelat bahkan sampai melon. Benarkah ia memiliki khasiat tinggi bagi tubuh? Seperti yang telah kita ketahui bahwa susu adalah produk berupa cairan yang dihasilkan oleh kelenjar susu pada mamalia betina. Susu yang biasa kita konsumsi sehari-hari mengandung vitamin D, kalsium, Vitamin A dan B12, lemak, serta beberapa jenis protein yang penting bagi tubuh.

Selain merupakan bagian dari makanan 4 sehat 5 sempurna, ternyata susu juga memiliki cukup banyak manfaat bagi kita. Dengan mengkonsumsi susu, tulang kita dapat terlindungi dari pengeroposan tulang atau lebih dikenal dengan osteoporosis, juga membantu pembentukan otot. Ternyata, bukan hanya untuk membantu pembentukan otot saja, namun juga menjaga otot tersebut terkena cedera, oleh karena itu para atlet biasanya meminum susu, yang salah satunya adalah untuk menghindari kerentanan cedera otot itu sendiri.

Susu juga bermanfaat untuk mencegah insomnia dan meningkatkan kualitas tidur, serta meningkatkan kewaspadaan di kemudian hari, hal ini didasarkan atas sebuah studi yang baru-baru ini dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition. Dikatakan juga, dengan mengkonsumsi susu sebelum tidur, bukan hanya kualita tidur kita yang baik, namun juga ketika bangun kita tidak akan merasa lelah, dan tidak ada efek sampingnya, tidak seperti jika kita mengkonsumsi obat tidur.

Berkaitan dengan kandungan vitamin D yang terkandung dalam susu, bukan hanya tulang yang dilindungi dari pengeroposan, namun juga gigi kita. Dengan rajinnya kita mengkonsumsi susu, gigi kita akan terlindungi dari kerusakan atau kebusukan gigi, dan juga menjadi lebih kuat. Tentu saja, hal ini juga harus diiringi dengan rajinnya kita menggosok gigi secara teratur, agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Ternyata, susu juga membantu kita mengurangi resiko terkena kanker usus. Kanker usus adalah penyakit ketiga yang menjadi penyebab kematian di seluruh dunia, dan berdasarkan sebuah penelitian, mengkonsumsi 16 ons susu sehari dapat mengurangi resiko terkena kanker usus sebesar 12 %. Terlepas dari kontroversi bahwa susu sapi mengandung jumlah kalsium dibandingkan susu yang berasal dari mamalia lainnya, minum susu tampaknya sudah merupakan kebutuhan sehari-hari yang harus dipenuhi oleh kita. Selengkapnya...

Sering kita jumpai produk-produk makanan dan minuman yang mengandung berbagai macam vitamin, salah satunya adalah vitamin B12. Sebenarnya apakah vitamin B12 itu? Mungkin hanya sedikit yang sudah mengetahui tentang vitamin B12 dan manfaatnya bagi tubuh. Padahal vitamin B12 juga memiliki peranan yang sangat penting bagi kesehatan kita. Berikut sedikit penjelasan mengenai vitamin B12.

Vitamin B12 adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan merupakan bagian dari vitamin B complex yang mengandung kobalt, sehingga disebut sebagai sianocobalamin। Vitamin ini berperan penting dalam pembentukan sel darah merah, perbaikan sel dan jaringan yang rusak, sintesis DNA, pemeliharaan sistem syaraf, dan sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan pada anak-anak।

Sumber Vitamin B12
Vitamin B12 hanya ditemukan dari makanan-makanan yang berasal dari hewan, antara lain daging, telur, ikan, dan unggas (ayam dan itik)। Dalam jumlah kecil, vitamin B12 pun ditemukan dalam tempe, Defisiensi Vitamin B12 Defisiensi vitamin B12 disebabkan karena ketidakmampuan usus halus untuk menyerap vitamin B12, juga karena kurangnya konsumsi makanan yang mengandung vitamin B12। Jika terjadi defisiensi atau kekurangan vitamin B12, maka dapat menyebabkan anemia, peradangan pada syaraf (neuritis), dan dementia ( kondisi mental yang memburuk).

Gejala-gejala yang akan timbul jika terjadi kekurangan vitamin B12 antara lain adalah :

Diare
Paranoid
Kehilangan nafsu makan
Mudah merasa lelah
Napas menjadi pendek-pendek
Detak jantung lebih cepat daripada biasanya
Pusing-pusing
Wajah pucat

Siapa saja yang rentan terhadap defisiensi vitamin B12? Umumnya yang rentan mengalami defisiensi vitamin ini adalah para vegetarian, karena vitamin B12 hanya ditemukan dari sumber-sumber yang berasal dari hewan saja। Kemudian mereka yang memiliki kondisi malabsorpsi (usus halus mengalami kesulitan untuk menyerap sari-sari makanan), penderita HIV, orang-orang yang mengalami depresi, wanita yang telah memasuki tahap menopause, dan pecandu alkohol. Untuk menghindari kekurangan vitamin B12, sebaiknya kita sering mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 (sebaiknya setiap hari), dan juga mengkonsumsi suplemen vitamin B12, terutama untuk para vegetarian dan para penderita malabsorpsi। Sebaiknya, mulai dari sekarang kita rajin mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin B12। Mulai hari ini, untuk nanti!

Sumber: molgen.biol.rug.nl
Selengkapnya...

Porsi makan wanita berbadan dua alias sedang mengandung biasanya lebih besar daripada wanita berbadan satu. Mestinya memang bukan asal makan, melainkan memperhatikan mutu dan komposisi zat-zat gizi yang terkandung dalam makanannya. Ibu hamil tak harus ngemil, cukup mengikuti pola konsumsi seperti sajian berikut ini. Kehamilan merupakan saat yang membahagiakan karena akan ada anggota baru di dalam sebuah keluarga.

Karena itu, kerap kali ibu yang sedang hamil dianjurkan untuk menyantap makanan dalam porsi yang berlebih. Artinya, makan lebih banyak dibandingkan dengan ketika belum mengandung. Alasannya, ibu hamil tidak hanya makan untuk dirinya sendiri, tetapi juga untuk janin dalam kandungannya. Betul sekali. Namun, sebenarnya, penekanan pada jumlah atau kuantitas itu kurang tepat. Yang lebih ditekankan mestinya kualitas ataupun komposisi zat-zat gizi, sebab faktor ini lebih efektif dan fungsional untuk kesehatan ibu maupun pertumbuhan janinnya. Setiap tahap berbeda Pada setiap tahap kehamilan, seorang ibu hamil membutuhkan makanan dengan kandungan zat-zat gizi yang berbeda dan disesuaikan dengan kondisi tubuh dan perkembangan janin. Masa kehamilan ibu dibagi dalam tiga tahapan atau trimester.

Trimester pertama, saat kehamilan mencapai usia 1 - 3 bulan, adalah masa penyesuaian tubuh ibu terhadap awal kehamilannya. Karena pada tiga bulan pertama ini pertumbuhan janin masih lambat, penambahan kebutuhan zat-zat gizinya pun masih relatif kecil. Pada tahap ini ibu hamil memasuki masa anabolisme yaitu masa untuk menyimpan zat gizi sebanyak-banyaknya dari makanan yang disantap setiap hari untuk cadangan persediaan pada trimester berikutnya. Dalam keadaaan ini biasanya ibu hamil mengalami mual, muntah-muntah, dan tidak berselera makan, sehingga asupan makanan perlu diatur. Makanan sebaiknya diberikan dalam bentuk kering, porsi kecil, dan frekuensi pemberian yang sering. Jika diperlukan, bisa juga mengkonsumsi suplemen vitamin dan mineral untuk menunjang pertumbuhan janin. Namun, hal itu perlu konsultasi dengan dokter atau ahli gizi terlebih dahulu. Memasuki trimester kedua, saat kehamilan berusia 4 - 6 bulan, janin mulai tumbuh pesat dibandingkan dengan sebelumnya. Kecepatan pertumbuhan itu mencapai 10 gram per hari. Tubuh ibu juga mengalami perubahan dan adaptasi, misalnya pembesaran payudara dan mulai berfungsinya rahim serta plasenta. Untuk itu, peningkatan kualitas gizi sangat penting karena pada tahap ini ibu mulai menyimpan lemak dan zat gizi lainnya untuk cadangan sebagai bahan pembentuk ASI (air susu ibu) saat menyusui nanti. Sedangkan pada tahap terakhir atau trimester ketiga, ketika usia kehamilan mencapai 7 - 9 bulan, dibutuhkan vitamin dan mineral untuk mendukung pesatnya pertumbuhan janin dan pembentukan otak.

Kebutuhan energi janin didapat dari cadangan energi yang disimpan ibu selama tahap sebelumnya. Dengan kondisi semacam itu, pola konsumsi ibu hamil tetap mengacu pada formula "4 sehat 5 sempurna", yang diyakini para ahli gizi mengandung tiga golongan utama makanan yang sangat diperlukan oleh tubuh. Yaitu sumber zat tenaga yang didapat dari makanan sumber karbohidrat dan lemak seperti padi-padian, kentang, umbi-umbian, jagung, sagu, tepung-tepungan, roti, mi, minyak, mentega; sumber zat pembangun berasal dari konsumsi protein seperti telur, daging, tahu, tempe, ikan, dan kacang-kacangan; kemudian sumber zat pengatur yang berasal dari vitamin dan mineral didapat dari sayuran dan buah-buahan. Untuk memenuhi ketiga unsur gizi penting itu, ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi bahan makanan secara proporsional yang meliputi padi-padian atau serelia, kacang-kacangan, daging, ikan, telur, sayur, buah, susu, dan lemak.


Pedoman menu Berikut ini pedoman untuk menyusun menu bagi ibu hamil:

Makan dua kali lebih dari biasanya, bukan hanya dalam jumlah porsi, namun lebih ditekankan pada mutu zat-zat gizi yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi. Makanan dapat diberikan 4 - 6 kali waktu makan sesuai dengan kemampuan ibu. Jangan memaksa untuk menghabiskan makanan yang tersaji jika merasa mual, pusing, dan ingin muntah. Batasi konsumsi makanan berlemak tinggi dan yang merangsang seperti cabe, makanan bergas seperti nangka, nanas dan durian, serta yang beralkohol semacam tape. Usahakan mengkonsumsi makanan dalam komposisi seimbang, dengan susunan yang meliputi 2 piring nasi @ 250 g, 90 g daging atau ikan, sebutir telur, 60 g kacang-kacangan, 3 porsi sayur @ 100 g, 2 porsi buah-buahan @ 100 g, segelas susu atau yoghurt, atau seiris keju sebagai ganti serta 1 sdm minyak atau lemak. Berikan minum 1/2 jam sehabis makan. Perbanyak minum air putih, sari buah seperti air jeruk, air tomat, sari wortel, air rebusan kacang hijau sebagai pengganti cairan yang keluar, karena ibu hamil lebih banyak berkeringat dan sering buang air kecil karena kandung kemih yang terdesak oleh pertumbuhan janin. Penting untuk menghindari minuman berkafein seperti kopi, coklat, dan soft drink (minuman ringan) pemicu hipertensi. Hindari konsumsi bahan makanan olahan pabrik yang diberi pengawet dan pewarna yang dimasukkan ke dalam bahan pangan, karena dapat membahayakan kesehatan dan pertumbuhan janin, yang sering dihubungkan dengan cacat bawaaan dan kelainan bayi saat lahir.

Waspadai tulisan pada kemasan seperti amaranth, potassium nitrit, sodium nitrit, sodium nitrat, formalin, boraks, sianida, rodhamin B, dsb. Hindari makanan berkalori tinggi dan banyak mengandung gula serta lemak namun rendah kandungan zat gizi, makanan siap saji, makanan kecil, coklat, karena akan mengakibatkan mual dan muntah. Bagi ibu yang hamil muda, konsumsilah makanan dalam bentuk kering, porsi kecil dan frekuensi sering, misalnya biskuit marie dan jenis-jenis biskuit yang lain, karena biasanya mereka tidak berselera makan. Hindari konsumsi makanan laut dan daging yang pengolahannya tidak sempurna karena besar risikonya tercemar kuman dan bakteri yang membahayakan. Untuk menghindarinya, masaklah makanan sampai matang benar, dan cuci makanan untuk menjaga kebersihan, terutama buah dan sayuran sampai bersih sebelum dikonsumsi. Tetap beraktivitas dan bergerak, misalnya dengan jalan santai di pagi hari.


Zat-zat gizi yang perlu mendapat perhatian dalam konsumsi ibu hamil adalah sebagai berikut:

Sumber tenaga, digunakan untuk tumbuh kembang janin dan proses perubahan biologis yang terjadi. dalam tubuh yang meliputi, pembentukan sel-sel baru, pemberian makanan. dari ibu ke bayi melalui plasenta, serta pembentukan enzim dan hormon. penunjang pertumbuhan janin. Kekurangan energi dalam asupan makanan yang dikonsumsi. menyebabkan tidak tercapainya penambahan berat badan ideal dari ibu hamil. yaitu sekitar 11 - 14 kg. Kekurangan itu akan diambil dari persediaan protein. yang dipecah menjadi energi. Protein, diperlukan. sebagai pembentuk jaringan baru janin. Kekurangan asupan protein dapat. berpengaruh terhadap pertumbuhan janin, keguguran, bayi lahir dengan. berat badan kurang, serta tidak optimalnya pertumbuhan jaringan tubuh. dan jaringan pembentuk otak. Vitamin, dibutuhkan. untuk memperlancar proses biologis yang berlangsung dalam tubuh ibu dan. janin. Misalnya, vitamin A diperlukan untuk pertumbuhan, vitamin B1. dan B2 sebagai penghasil energi, vitamin B6. sebagai pengatur pemakaian protein tubuh, vitamin B12. membantu kelancaran pembentukan sel-sel darah merah. Vitamin C membantu. penyerapan zat besi guna mencegah anemia, dan vitamin D untuk membantu. penyerapan kalsium. Mineral, antara lain :

Kalsium, digunakan untuk menunjang pembentukan tulang dan gigi serta persendian janin. Jika ibu hamil kekurangan kalsium, maka kebutuhan kalsium akan diambilkan dari cadangan kalsium pada tulang ibu. Ini akan mengakibatkan tulang keropos atau osteoporosis. Untuk itu, si ibu perlu mengkonsumsi susu, telur, keju, acang-kacangan, atau tablet kalsium yang dapat diperoleh saat periksa ke Puskesmas atau klinik. Zat besi, erat berkaitan dengan anemia atau kekurangan sel darah merah sebagai adaptasi adanya perubahan fisiologis selama kehamilan, yang disebabkan oleh :

-Meningkatnya kebutuhan zat besi untuk pertumbuhan janin.
-Kurangnya asupan zat besi pada makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Adanya kecenderungan rendahnya. cadangan zat besi pada wanita, sehingga tidak mampu menyuplai kebutuhan zat. besi dan mengembalikan persediaan darah yang hilang akibat persalinan. sebelumnya. Wanita hamil cenderung terkena anemia pada tiga bulan terakhir. kehamilannya karena pada masa ini, janin menimbun cadangan zat besi untuk. dirinya sendiri sebagai persediaan bulan pertama sesudah lahir. Penanganannya, pertama, menggunakan terapi obat dengan memberikan tablet zat. besi (ferosulfat) 30 - 60 mg per hari, tergantung pada berat ringannya. anemia. Kedua, terapi diet dengan meningkatkan konsumsi bahan makanan tinggi. besi seperti susu, daging, dan sayuran hijau. (Trisno Haryanto, ahli gizi. dan dietetik, lulusan Akademi Gizi, Malang).

Sumber : halalguide.info

Selengkapnya...

Di trimester kedua ini perut anda akan mulai kelihatan membesar dan dunia luar akan menyadari kalau anda akan menjadi calon ibu baru--perubahan dan perkembangan apa yang akan terjadi pada ibu hamil pada minggu-minggu ini. Di trimester kedua ini perut anda akan mulai kelihatan membesar dan dunia luar akan menyadari kalau anda akan menjadi calon ibu baru. Trimester kedua dianggap sebagai masa kehamilan yang terbaik sebab anda akan merasa lebih nyaman saat ini. Perut anda belum terlalu besar anda masih dapat melakukan aktifitas sehari-hari, dimana Rasa mual, lemas, dan keluhan lainnya pada trimester pertama akan hilang, bahkan anda merasa lebih energik saat ini.

Beberapa perubahan yang terjadi pada kehamilan trimester kedua (13-28 minggu):

PERUTSEMAKIN MEMBESAR

Setelah 12 minggu, rahim membesar dan melewati rongga panggul. Pembesaran rahim akan bertumbuh sekitar 1 cm setiap minggu. Pada kehamilan 20 minggu bagian teratas rahim sejajar dengan puser (umbilicus). Setiap individu akan berbeda-beda tapi kebanyakan wanita akan mulai tampak pembesaran perutnya pada kehamilan 16 minggu.

SENDAWA DAN BUANG ANGIN

Pada trimester ini anda akan bersendawa atau ingin buang angina/kentut pada saat yang tidak seharusnya---jangan bingung---anda tak sendirian mengalami masalah ini. Sendawa dan buang angina adalah keluhan yang paling sering selama kehamilan. Hal ini karena usus merengang dan anda akan merasa kembung. Atasi dengan jangan makan dalam jumlah besar akan membuang anda kembung dan tak nyaman, dan hindari makanan yang menyebabkan banyak gas seperti jagung, permen, bawang merah.

PELUPA

Pada beberapa ibu hamil akan menjadi sedikit pelupa selam kehamilannya, Ada beberapa teori tentang hal ini karena tubuh ibu terus bekerja berlebihan untuk perkembangan bayinya sehingga menimbulkan blok pikiran. Tak perlu terpengaruh dengan hal ini, catatan kecil unutk membantu anda. Dan beristirahalah sedapat mungkin.

RASA NYERI DI ULU HATI

Rasa panas atau terbakar didada bagian bawah atau perut bagian atas tapi tidak ada hubunganya dengan jantung. Hal ini karena asam lambung naik ke kerongkongan. Perasaan ini timbul pada wanita hamil pada trimester kedua ini, hal ini karena hormone progesterone meningkat yang menyebabkan relaksasi dari otot saluran cerna dan juga karena rahim yang semakin membesar yang mendorong bagian atas perut, sehingga mendorong asam lambung naik ke kerongkongan. Nilai positif dari relaksasi otot saluaran cerna adalah gerakan makanan menjadi lebih lambat sehingga nutrisi terserap lebih banyak.

Atasi dengan jangan makan dalam jumlah besar terutama sebelum mau tidur. Jauhi makanan yang pedas, berminyak dan berlemak. Waktu tidur malam tinggikan posisi kepala anda sehingga asam lambung tak dapat naik ke esophagus.

PERTUMBUHAN RAMBUT DAN KUKU

Perubahan hormonal menyebabkan kuku akan tumbuh lebih kuat dan tumbuh rambut lebih banyak dan kadang tumbuh ditempat yang tidak diinginkan seperti diwajah atau perut. Tapi tak perlu kuatir rambut yang tak semestinya ini akan hilang setelah bayi lahir

SAKIT DI PERUT BAGIAN BAWAH

Pada kehamilan 18-24 minggu anda akan merasakan nyeri diperut bagian bawah yang seperti ditusuk atau seperti tertarik disatu atau dua sisi, hal ini karena perenggangan ligamentum dan otor unutk menahan rahim yang semakin membesar. Nyeri hanya sebentar dan tak menetap. Atasi dengan duduk atau berbaring dengan posisi yang nyaman.

PUSING

Pusing menjadi keluhan yang sering selama kehamilan trimester kedua ini hal ini dapat terjadi ketika pembesaran dari rahim anda menekan pembuluh darah besar sehingga menyebabkan tekanan darah menurun. Atasi dengan melakukan perpindahan posisi pelahan lahan atau bertahap untuk menghindari perubahan tekanan darah yang mendadak.

MENDENGKUR

Peningkatan aliran darah selama kehamilan akan menyebabkan sesak dan pembengkakan membrane mukosa yang menimbulkan mendengkur saat tidur.

HIDUNG DAN GUSI BERDARAH

Hal ini juga karena peningkatan aliran darah selama masa kehamilan. Kadang juga mengalami sumbatan pada hidung hal ini karena perubahan hormonal.

PERUBAHAN KULIT

Garis kecoklatan mulai dari puser (umbilicus) ke tulang pubis disebut linea nigra. Kecoklatan pada wajah disebut chloasma atau topeng kehamilan, ini dapat menjadi petunjuk kurang asam folat. Strecth mark terjadi karena perengangan kulit yang berlebih biasanya pada perut dan payudara. Akibat perengangan kulit ini anda dapat merasa gatal.

PAYUDARA

Payudara akan semakin membesar dan mengeluarkan cairan yang kekuningan yang disebut colostrums. Putting dan sekitarnya akan semakin bewarna gelap dan besar dan bintik-bintik kecil akan timbul disekitar putting, itu adalah kelenjar kulit..

KRAM PADA KAKI

Kram otot ini timbul karena sirkulasi darah yang lebih lambat saat kehamilan. Atasi dengan menaikkan kaki keatas, minum cukup kalsium. Bila anda terkena kram kaki ketika duduk atau saat tidur, coba untuk menggerakan jari-jari kaki kearah atas.

PEMBENGKAKAN SEDIKIT

Pembengkakan adalah kondisi normal pada kehamilan, hampir 40 % wanita hamil mengalaminya. Hal ini karena peningkatak hormone yang menahan cairan. Pada trimester kedua ini akan tampak sedikit pembengkakan pada wajah, kaki , tangan. Hal ini sering karena posisi duduk atau berdiri yang terlalu lama.

MERASAKAN GERAKAN BAYI ANDA

Pada kehamilan minggu ke 15-22 anda akan mulai merasakan gerakan bayi anda yang awalnya akan terasa seperti kibasan, tetapi di akhir trimester ini, anda akan benar-benar merasakan pergerakan bayi anda. Pada ibu yang baru pertama kali sering tidak dapat mengenali gerakan bayinya sampai minggu ke 19-22.

Dr.Suririnah- infoibu.com
Selengkapnya...

Pendarahan adalah salah satu kejadian yang menakutkan selama kehamilan---Apakah normal mengalami pendarahan pada trimester pertama kehamilan? Pendarahan adalah salah satu kejadian yang menakutkan selama kehamilan. Pendarahan ini dapat bervariasi mulai dari jumlah yang sangat kecil (bintik-bintik), sampai pendarahan hebat dengan gumpalan dan kram perut

Apakah normal mengalami pendarahan pada trimester pertama kehamilan? Pendarahan pada awal kehamilan tidak selalu Normal, tapi hal ini sering terjadi hampir pada 30% kehamilan. Dan separuh dari wanita yang mengalami pendarahan pada awal kehamilan dapat tetap meneruskan kehamilannya dan melahirkan bayi yang sehat.

Pendarahan dalam jumlah yang sangat sedikit / bintik-bintik pada awal kehamilan bisa merupakan hal yang normal yang disebut sebagai pendarahan karena implantasi embrio pada dinding rahim yang menyebabkan dinding rahim melepaskan sejumlah kecil darah biasanya terjadi sekitar kehamilan minggu ke 7-9 dan hanya terjadi satu atau dua hari saja.

Banyak wanita juga mendapatkan bintik/bercak pendarahan setelah hubungan seksual, atau mengangkat barang yang berat, atau karena aktivitas yang berlebihan hal ini karena servik mengandung lebih banyak pembuluh darah dan pelebaran pembuluh darah selama kehamilan ini. Untuk hal ini batasilah aktivitas anda sampai bercak pendarahan hilang.

Tetapi pendarahan atau bercak pendarahan selama trimester pertama kehamilan ini, dapat juga merupakan tanda ancaman keguguran. Ada dua hal medis yang harus dipertimbangkan ketika terjadi perdarahan pada trimester pertama kehamilan yaitu Keguguran atau Kehamilan Ektopik. Anda kemungkinan mengalami Keguguran jika perdarahan menjadi hebat ( lebih dari 1 gelas), biasanya sering disertai dengan kram perut. Kadang juga disertai keluarnya bekuan darah atau jaringan fetus. Sedangkan gejala untuk kehamilan ektopik adalah pendarahan vagina disertai rasa sakit perut bagian bawah pada satu sisi.

Walaupun, bercak pendarahan (spotting) pada trimester pertama kehamilan adalah hal yang tidak terlalu aneh (sering terjadi pada 30% kehamilan) tapi anda sebaiknya memberitahukan dokter anda tentang hal ini sehingga dokter dapat memonitor dan mengantisipasi komplikasi kehamilan lainnya .

Dan hubungi dokter anda SEGERA jika terjadi pendarahan banyak, kram yang hebat, sakit perut bagian bawah yang terus menerus atau timbul demam/panas tubuh. Semua ini dapat menjadi tanda terjadinya ancaman keguguran atau komplikasi lain seperti kehamilan ektopik.

Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan Doppler untuk mendengarkan detak jantung janin dan atau USG. Untuk memastikan diagnosa.

Jika anda masih kuatir dan bingung dengan pendarahan yang anda alami ini, ungkapkan apa perasaan dan pikiran anda kepada dokter anda.

Karena kehamilan, persalinan dan mendapatkan seorang bayi adalah salah satu peristiwa indah dan luar biasa dalam hidup anda, jadi binalah komunikasi yang baik dengan dokter anda, sehingga anda memiliki kehamilan dan persalinan yang sehat dan menyenangkan.

Oleh: Dr.suririnah
Sumber:infoibu.com
Selengkapnya...

Bayi di sebut lahir prematur jika usia kehamilan ibu kurang dari 37 minggu, sedangkan kelahiran dianggap normal jika usia kehamilan mencapai 37-40 minggu. Dokter Spesialis Anak Bidang Perinatologi, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta, Rinawati Rohsiswatmo, mengatakan, bayi yang lahir pada usia kehamilan (masa gestasi) 24 minggu dianggap layak hidup..Tentunya dengan bantuan teknologi dan biaya yang sangat tinggi, tutur Rinawati. Penentuan kondisi bayi tak cukup berdasar usia kehamilan. Berat badan bayi saat lahir juga harus dipertimbangkan. Ada bayi yang lahir prematur, tetapi berat badannya sudah dua kilogram. Ini kami anggap aman, kata Rinawati.

Setiap kategori membutuhkan perawatan berbeda. Jika berat badan lebih dari dua kilogram, biasanya bayi boleh pulang asal tak ada penyakit penyulit. Berat badan ini setara dengan usia kehamilan 34 minggu, di mana bayi sudah memiliki refleks isap dan pola napas teratur.

Adapun bayi yang lahir dengan berat badan di bawah 1,8 kilogram butuh perawatan khusus dokter anak. Berat badan ini setara dengan usia kehamilan kurang dari 34 minggu. Pada kondisi ini bayi belum memiliki refleks isap dan kadang lupa bernapas.

Sebelum dipulangkan, bayi prematur harus mampu minum secara aktif. Namun, yang tak kalah penting, menurut Rinawati, kesiapan mental orangtua merawat bayi prematur. Biasanya orangtua yang memiliki bayi prematur dihinggapi kecemasan berlebih dan panik.

Pada saat dirawat di rumah, bayi prematur perlu dijaga agar tetap hangat. Pemberian air susu ibu (ASI) atau susu formula untuk bayi prematur tak boleh terlalu banyak. Menurut literatur, bayi prematur hanya bisa diberi susu 10-30 cc per kilogram berat badan per hari. Hal ini karena bayi prematur masih mengalami gangguan pada sistem penyerapan.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah menyangkut tumbuh kembang bayi. Tumbuh dalam arti pertambahan berat, panjang badan, dan lingkar kepala. Orangtua harus membimbing kemampuan motorik dan verbalnya agar perkembangan anak tidak terlambat. Orangtua juga mesti berupaya agar anak tak terkena penyakit menular dengan vaksinasi.

Risiko Bayi prematur, terutama yang lahir dengan berat badan kurang dari 1,5 kilogram, menghadapi banyak risiko. Oleh karena pembuluh darah di kepala masih rapuh, bayi akan mengalami perdarahan di kepala.

Pembuluh darah pada retina mata juga masih rapuh. Akibatnya, bayi mengalami perdarahan di retina mata. Perdarahan terjadi ketika bayi mendapat bantuan oksigen. Di satu sisi bayi butuh oksigen, tetapi di sisi lain oksigen bisa mengakibatkan perdarahan di retina. Kalau tak cepat ditangani, hal ini bisa menyebabkan kebutaan, tutur Rinawati.

Bayi juga mengalami kerusakan usus karena pembentukannya belum sempurna. Oleh karena itu, pemberian susu harus hati-hati.Risiko lain yang harus dihadapi adalah terjadinya kebocoran jantung. Menurut beberapa literatur kesehatan, beberapa bayi yang terlambat mendapat pertolongan bisa mengalami kecacatan, seperti buta, mata juling, idiot, dan cacat pada kaki.

Sumber : Kompas Cyber Media
Selengkapnya...

Menurut sebuah ulasan yang dipublikasikan oleh jurnal Obstetrics & Gynecology, jahe dapat membantu para wanita hamil yang mengalami morning sickness tanpa menimbulkan efek samping yang membahayakan janin di dalam kandungannya.

Dari enam penelitian yang menguji efek jahe dalam mengurangi rasa mual dan muntah pada wanita hamil, ditemukan bahwa jahe berfungsi lebih baik dibandingkan plasebo atau obat inaktif seperti vitamin B6, yang selama ini menunjukkan fungsinya dalam mengurangi mual dan muntah pada beberapa wanit hamil.

Wanita hamil yang engkonsumsi jahe tidak mengalami gangguan dalam kehamilannya, demikian ilaporkan oleh para peneliti di dalam jurnal tersebut.

"Jahe bisa menjadi erapi yang efektif untuk mengatasi rasa mual dan muntah dalam kehamilan," ulis Dr. Francesca Borelli dari University of Naples Frederico di Italia.

Namun, mereka emperingatkan bahwa data ini masih bersifat preliminer, dan masih dibutuhkan enelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasikan bahwa jahe benar-benar aman ntuk wanita hamil.

Dr. Borelli dkk mengulas eberapa literatur medis untuk mempelajari tentang jahe, dan menemukan enam enelitian yang menguji jahe pada 675 wanita yang mengalami rasa mual selama amil.

Dalam empat penelitian yang elibatkan 246 wanita, jahe selalu mengungguli plasebo dalam mengatasi mual dan untah, bahkan pada wanita yang mengalami morning sickness berat yang disebut yperemesis gravidarum.

Pada penelitian yang erbaru, para partisipan secara acak diberikan kapsul yang mengandung 350 mg ahe atau 25 mg vitamin B6 sebanyak tiga kali sehari selama tiga minggu.

Pada penelitian tersebut ditemukan bahwa jahe sama efektifnya dengan itamin B6 dalam mengatasi rasa mual dan muntah. Gejala morning sickness dapat iatasi pada lebih dari separuh jumlah wanita dalam setiap kelompok tersebut.

Beberpaa penelitian melaporkan adanya efek samping seperti sakit kepala, iare, dan rasa mengantuk. Namun, tidak terpdapat perbedaan mengenai hasil ehamilan antara wanita yang mengkonsumsi plasebo, vitamin B6 atau jahe.

sumber: kalbefarma.

Selengkapnya...

Setiap orang tua menginginkan anaknya tumbuh sempurna, baik secara fisik maupun nonfisik. Secara fisik, seorang anak diharapkan tumbuh sehat sesuai tahapan yang sudah ditentukan para ahli. Selain itu, anak juga diharapkan sehat secara intelektual dan kejiwaan, bahkan hampir semua orang tua menginginkan anaknya cerdas di kemudian hari.

Tetapi, untuk memperoleh sosok anak yang sehat lahir dan batin tidak bisa instan. Jauh sebelum kelahirannya harus sudah dipersiapkan. Untuk itulah ketika ibu mulai dinyatakan positif hamil, dokter atau bidan menganjurkan para ibu untuk memenuhi segala kebutuhan janin, yaitu gizi yang cukup.

Selain makanan, saat ini para ibu hamil pun dianjurkan mengikuti senam hamil, mendengarkan musik, dan lain sebagainya. Semua itu untuk mendukung pertumbuhan janin, dan mendapatkan bayi yang sehat ketika dilahirkan.

"Sebenarnya ASI (air susu ibu) adalah makanan paling ideal dan lengkap untuk bayi. ASI mengandung semua yang dibutuhkan bayi, berimbang dan secara fisiologis membantu pencernaan bayi,'' kata dr Jacob R Pairunan, pada sebuah seminar di Siloam Graha Medika Hospital, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut spesialis anak itu, distribusi energi dari ASI ialah protein 8%, karbohidrat 42%, dan lemak 50%. Selain mengandung zat-zat gizi, katanya, ASI juga mengandung zat-zat non-gizi untuk melindungi bayi dari berbagai penyakit.

Soal kecerdasan anak, lanjut Jacob, sebetulnya dipengaruhi dua faktor. Pertama, faktor genetik dari kedua orang tuanya, dan kedua, faktor lingkungan atau sosial psikologi. Selain itu juga terdapat faktor-faktor khusus yang berhubungan erat dengan peningkatan kecerdasan anak yaitu zat-zat gizi.

''Tetapi sampai saat ini bisa dipastikan secara ilmiah belum ada satu gizi pun yang paling bertanggung jawab untuk meningkatkan kecerdasan.'' Tetapi, kata Jacob, zat gizi yang selama ini dikatakan makanannya otak, seperti AA (asam arakhidonat) dan DHA (asam dukosa heksanoat) sudah terkandung di dalam ASI dan tidak mustahil, pada masa-masa mendatang akan terungkap kandungan ASI yang sampai saat ini belum diketahui.

Lebih lanjut, Jacob mengatakan zat gizi dapat terbagi dua, yaitu makronutrien dan mikronutrien. Makronutrien berupa protein, karbohidrat, lemak, dan air. Sedangkan mikronutrien dapat berupa vitamin, mineral, dan oksigen.

Jacob mengatakan, fungsi protein yang termasuk dalam makronutrien adalah untuk pembentukan dan pemeliharaan jaringan tubuh, serta sebagian kecil sebagai sumber energi. Protein juga tidak dapat disimpan di dalam tubuh. Setiap bayi membutuhkan 2 - 2,2 gr/kg protein yang terdapat dalam ASI, daging, ikan, susu, telur, dan keju. Karbohidrat juga merupakan sumber energi yang terdapat di dalam produk nabati seperti beras, kacang-kacangan, buah-buahan, dan umbi-umbian. Glukosa yang terdapat dalam karbohidrat merupakan sumber energi utama di otak dan menjaga integritas fungsi saraf.

"Bayi juga memerlukan lebih banyak lemak dibanding orang dewasa. Fungsi utama lemak membantu ketersediaan dan penyerapan vitamin, dan memberikan rasakenyang pada pencernaan.''

Lemak yang mengandung DHA dan AA, kata Jacob lagi, berperan sebagai penunjang proses tumbuh kembang anak, terutama dalam hal kecerdasan. Lemak tersebut bisa diperoleh dari ASI, susu, mentega, kuning telur, daging, kedelai, dan jagung.

Sedangkan untuk gizi mikronutrien yang berupa mineral, antara lain kalsium, fosfor, dan lain sebagainya. Mineral berfungsi dalam pembekuan darah, penyalur rangsang saraf, dan aktivitas enzim. Fosfor bersama-sama kalsium juga membentuk matriks tulang dan gigi. Faktor besi penting untuk pembentukan hemoglobin dari sel darah merah yang membawa oksigen dari paru ke seluruh tubuh terutama otak, dan juga untuk sistem enzim, yang terdapat dalam ASI dan hati.

Kalium bersama kalsium, lanjut Jacob, mengatur aktivitas persarafan otot, dengan sumbernya ialah susu, daging, buah-buahan, dan sayur-sayuran. Zat seng ialah mineral yang berpengaruh dalam fungsi pengecapan, memperbaiki pertumbuhan, mempertahankan kekebalan tubuh, mempercepat penyembuhan luka, mempertegas garis keturunan, dan regulasi ekspresi genetik. Selenium untuk metabolisme otot, sebagai komponen enzim yang mencegah kerusakan membran sel oleh radikal bebas (antioksidan).

Mineral dan vitamin

Dihubungi di tempat terpisah, dr Indrawati Dardiri mengatakan kalsium sangat diperlukan ibu hamil untuk pertumbuhan tulang maupun gigi janin. Menurut spesialis obstetri dan ginekologi ini, kebutuhan ibu hamil terhadap kalsium meningkat mencapai 50% dibandingkan orang dewasa yang jumlahnya 800 mg per hari. ''Atau, 20 kali lebih tinggi dari orang normal.

Karena itu, ibu hamil dianjurkan agar mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium sejak masa kehamilan awal. Sumber makanan tersebut antara lain dari tempe, tahu, susu, keju, serealia, teri maupun udang kering, kacang-kacangan berikut hasil olahannya, ataupun sayuran yang berdaun hijau.

''Memang pada tiga bulan pertama kehamilan, ibu kerap tidak merasa nyaman karena mengalami mual atau muntah. Jadi, sulit baginya mengonsumsi beragam makanan yang mengandung kalsium.'' Tetapi, lanjut Indrawati, pemenuhan tambahan konsumsi kalsium dapat dikejar pada kehamilan tiga bulan terakhir karena di masa ini, terjadi pertumbuhan tulang dan pembentukan gigi janin yang pesat. Pokoknya, kata alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) di Jakarta, 1991 ini, ibu hamil mutlak menambah makanan berkalsium.

Jika kurang terpenuhi, lanjutnya, maka janin akan mengambil (menyerap) persediaan kalsium dari ibunya, sehingga si ibu berisiko mengalami gangguan kerapuhan tulang.

Dengan sendirinya, janin juga mengalami kelainan dalam pertumbuhan tulang maupun pembentukan. Dan, itu berpengaruh pada saat bayi tumbuh menjadi anak. ''Tidak dipungkiri bahwa kelainan gigi, seperti gigi berlubang, atau gangguan tulang, akibat anak kurang kalsium waktu masih janin,'' kata dokter yang praktik di Rumah Sakit Mitra Internasional, Jakarta ini.

Lebih lanjut, Jacob menambahkan, vitamin yang merupakan gizi mikronutrien sangat penting dan tidak dapat dilupakan. Vitamin A, misalnya, dapat ditemukan di ASI, hati, susu, buah-buahan, dan sayur-sayuran. Fungsinya untuk perkembangan rangka, jaringan lemak, dan memperbanyak sel tulang. Selain itu dapat pula memengaruhi sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi.

Vitamin C untuk proses pertumbuhan, antioksidan, koenzim pada metabolisme asam amino, dan meningkatkan daya tahan terhadap infeksi. Vitamin D untuk penyerapan kalsium dan fosfor, disintesa oleh tubuh dengan bantuan sinar matahari. Serta vitamin K untuk produksi protein di hati dan proses pembekuan darah.

Semua vitamin, lanjut Jacob, diperlukan oleh bayi untuk menambah kualitas dari bayi tersebut. Seperti juga halnya pada vitamin B1 atau thiamin berfungsi melepaskan energi dari makanan, vitamin B2 atau riboflavin berfungsi pada metabolisme asam amino, asam lemak, dan karbohidrat. Vitamin B6 sebagai koenzim dalam metabolisme nitrogen, lemak, pembentukan sel darah merah, sistem saraf, kesehatan kulit.

Vitamin B12 berfungsi dalam metabolisme protein serta karbohidrat sekaligus pembentukan sel darah merah. Selain itu Asam folat juga dibutuhkan untuk sintesis nukleoprotein dan sel darah merah. ''Itulah sebabnya ibu hamil yang kekurangan asam folat dapat mengakibatkan perkembangan otak janin terhambat, cacat tulang belakang, dan pertumbuhan terganggu. (*/Rse/V-1)

Sumber: mediaindo.co.id
Selengkapnya...